Jabar Terbesar Punya 10 Persen Pekerja Terdampak Covid-19, Sebut Jadi Tantangan Menaker Ida Fauziyah

- 10 Agustus 2020, 10:36 WIB
Menaker Ida Fauziyah./*
Menaker Ida Fauziyah./* /

PR CIREBON - Provinsi Jawa Barat memiliki 10 persen dari total pekerja terdampak Covid-19 di Indonesia, seperti disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Ini dapat terbukti hingga 31 Juli 2020, pekerja formal maupun informal yang terdampak Covid-19 di Provinsi Jawa Barat mencapai lebih dari 342.772 orang pekerja.

"Tentu dengan kondisi dan tantangan ketenagakerjaan di Provinsi Jawa Barat ini perlu untuk segera ditindaklanjuti sesegera mungkin agar kita bisa tekan laju dampak Covid-19 ini kedepannya," ungkap Menaker Ida dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip PikiranRakyat-Cirebon dari RRI pada Minggu, 09 Agustus 2020.

Baca Juga: Endus Kesalahan Bansos Pekerja, FITRA: Bu Menaker Buka Data Penerima Dong

Sedangkan secara nasional, hingga 31 Juli 2020, tercatat total pekerja formal maupun informal yang terdampak Covid-19 mencapai lebih dari 3,5 juta orang.

Adapun dari jumlah tersebut, data yang sudah di-cleansing kemnaker dengan BPJS Ketenagakerjaan mencapai 2.146.667 orang (yang terdata by name by address).

Kemudian bila data itu disaring lagi, maka akan terbagi menjadi pekerja formal yang dirumahkan mencapai 1.132.117 orang dan pekerja formal yang di-PHK sebanyak 383.645 orang. Sedangkan, pekerja sektor informal yang terdampak mencapai 630.905 orang.

Baca Juga: Prabowo Tetap Ketum Gerindra Jadi Kemunduran Demokrasi, Pengamat: Kuatnya Oligarki Partai

Atas dasar itu, Menaker Ida mengikuti arahan Presiden Joko Widodo terkait mitigasi dampak pandemi di bidang ketenagakerjaan, dengan meringankan beban pekerja ter-PHK melalui berbagai stimulus.

Stimulus meringankan beban korban PHK, di antaranya menyalurkan berbagai bantuan sosial bagi para korban PHK, Kartu Prakerja, program padat karya, dan kewirausahaan untuk penyerapan tenaga kerja yang terdampak pandemi.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x