Industri Pengolahan: Pilar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi

- 27 Februari 2024, 22:34 WIB
Di tengah kondisi perekonomian dunia yang melemah, kondisi industri pengolahan tetap tumbuh dan berhasil lepas dari krisis yang terjadi pada 2023. Satu di antaranya industri transportasi.
Di tengah kondisi perekonomian dunia yang melemah, kondisi industri pengolahan tetap tumbuh dan berhasil lepas dari krisis yang terjadi pada 2023. Satu di antaranya industri transportasi. /ANTARA FOTO/Dwitri Waluyo

SABACIREBON - Industri pengolahan membuktikan kekuatannya sebagai pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023.

Meskipun tantangan ekonomi global, sektor ini tumbuh stabil, memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS), industri pengolahan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi bagi perekonomian pada triwulan IV-2023, dengan pertumbuhan mencapai 0,85%.

Baca Juga: Boom Marketing Sales 2024: Bagaimana Insentif Mendorong Developer Properti? Temukan Jawabannya!

Bahkan, sepanjang tahun 2023, pertumbuhan sektor ini mencapai 4,64%, menjadikannya penyumbang utama pertumbuhan ekonomi.

Kinerja positif ini tercermin dalam data Prompt Manufacturing Index (PMI) Bank Indonesia, yang menunjukkan angka ekspansi pada triwulan IV-2023.

Tingkat kapasitas produksi yang terpakai juga mengalami peningkatan, mencapai 73,91%, menunjukkan tingginya aktivitas produksi di sektor industri pengolahan.

Baca Juga: Tragis! Isi Chat Terakhir Santi Korban Bullying Senior, Penyebabnya Mengejutkan!

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut performa sektor industri manufaktur sebagai hasil dari kerja keras dan ketahanan sektor industri dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x