Jalan Braga Bakal Bebas Kendaraan Bermotor

- 29 April 2024, 10:14 WIB
Jalan Braga akan bebas dari kendaraan bermotor
Jalan Braga akan bebas dari kendaraan bermotor /

SABACIREBON – Jalan  Braga yang menjadi salah satu ikon Kota Bandung akan memiliki wajah dan nuansa baru, setelah Pemkot Bandung mencanangkan penerapan kawasan Jalan Braga akan menjadi bebas dari kendaraan roda empat maupun roda dua.

 Namun pencanangan Jalan Braga bebas kendaraan itu, hanya akan diberlakukan setiap akhir pekan. Dengan penerapan bebas kendaraan, diharapkan akan menjadi daya tarik yang lebih bagi wisatawan.

 Selain untuk menarik lebih banyak wisatawan, penerapan jalan Braga bebas kendaraan ini juga untuk memberikan suasana lebih nyaman dan bernostalgia, saat dahulu tidak ada kendaraan yang melewati jalan Braga.

  Dengan penerapan bebas kendaraan, diharapkan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi mereka yang berkunjung ke salah satu ikon Kota Bandung, Jawa Barat, Braga.

Baca Juga: Setiap 10 Menit Satu Anak Terbunuh di Jalur Gaza Akibat Serangan Israel yang Membabi Buta

“Sejak diujicobakan dua bulan yang lalu, Braga bebas kendaraan telah menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan pariwisata dan kehidupan komunitas atau budaya lokal,” kata Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Bambang menjelaskan dengan menawarkan Jalan Braga bebas kendaraan bukan hanya mengurangi beban kemacetan, tetapi juga membuka peluang baru bagi pengunjung untuk menikmati berbagai acara dan atraksi di sekitar kawasan tersebut..

"Kami yakin bahwa Braga bebas kendaraan akan menjadi langkah maju dalam memperindah Bandung dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang yang mengunjungi kota ini. Salah satunya bisa dengan menampilkan kekayaan budaya lokal kita," kata Bambang.

Selain itu, inisiatif ini juga menggabungkan aspek budaya dan komunitas lokal, dengan kerjasama lintas sektor yang kuat antara Pemerintah Daerah, Dishub, Satpol PP, Aparat Kepolisian dan TNI, Disparbud, Kewilayahan dan masyarakat setempat.



“Diharapkan bahwa melalui Braga bebas kendaraan, Sabtu dan Minggu akan menjadi waktu yang lebih ramai dengan berbagai acara dan kegiatan yang akan menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah datang ke Kota Bandung,” kata dia.

Lebih lanjut, Bambang menilai Kota Bandung sebagai kota jasa dan wisata harus selalu meningkatkan potensi kepariwisataan dan kebudayaan. Salah satunya dengan penataan di kawasan Braga tersebut.

“Kita semua punya keinginan salah satu tujuan wisata adalah Jalan Braga agar bisa dinikmati warga Bandung dan luar Bandung,” kata dia.***

 

Editor: Uyun Achadiat

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah