Studi Temukan Hubungan Gangguan Makan dan Diabetes yang Bergantung pada Insulin

- 13 Mei 2024, 20:46 WIB
Ilustrasi Kesehatan
Ilustrasi Kesehatan /Bing/Image Creator

SABACIREBON - Gangguan makan dapat mempengaruhi orang dengan diabetes yang bergantung pada insulin, menurut sebuah studi terbaru.

Diabetes tipe satu, yang bergantung pada insulin, disebabkan oleh gangguan autoimun yang menyerang sel-sel penghasil insulin di pankreas. Namun, pasien dengan diabetes tipe dua juga mungkin membutuhkan insulin karena resistensi insulin.

Studi tersebut menemukan bahwa 24 persen dari pasien diabetes yang bergantung pada insulin mungkin mengalami gangguan makan, termasuk makan berlebihan dan pembatasan makanan.

Baca Juga: Antara Persiapan Haji dan Fokus Apple pada AI untuk iPhone 16

Bahkan, 21 persen dari orang dewasa yang bergantung pada insulin menderita pengabaian insulin, di mana dosis insulin sengaja dibatasi atau dilewatkan karena takut akan penambahan berat badan.

Para peneliti mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap pengabaian insulin, karena perilaku ini dapat menyebabkan komplikasi seperti retinopati dan nefropati, dan juga mengganggu pengelolaan diabetes.

Dalam meta-analisis 45 studi sebelumnya, dilaporkan bahwa 2.521 dari 11.592 individu dengan diabetes yang bergantung pada insulin memiliki gejala gangguan makan.

Baca Juga: Memahami Tanda dan Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Prevalensi gangguan makan cenderung lebih tinggi pada wanita daripada pria, tetapi gejalanya dapat terjadi pada semua kelompok usia.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah