Studi Ungkap Hubungan antara Diskriminasi dan Penuaan Dini

- 14 Mei 2024, 21:15 WIB
Ilustrasi Kesehatan
Ilustrasi Kesehatan /Bing/Image Creator

SABACIREBON - Penelitian terbaru dari NYU School of Global Public Health menemukan bahwa diskriminasi dapat mempercepat proses penuaan seseorang. Temuan ini menyoroti dampak negatif diskriminasi terhadap kesehatan dan kematian dini.

Para peneliti mengumpulkan sampel darah dari hampir 2.000 orang dewasa AS dan menemukan bahwa mereka yang mengalami lebih banyak diskriminasi menua lebih cepat secara biologis.

Diskriminasi sehari-hari dan diskriminasi besar secara konsisten dikaitkan dengan penuaan biologis, sementara diskriminasi di tempat kerja juga berkontribusi meskipun tidak seberat dua jenis diskriminasi sebelumnya.

Baca Juga: Pekerja Shift Malam Rentan Kena Diabetes dan Obesitas

Perbedaan perilaku merokok dan indeks massa tubuh menyumbang sekitar setengah dari hubungan antara diskriminasi dan penuaan dini.

Meskipun peserta berkulit hitam mengalami lebih banyak diskriminasi dan penuaan biologis lebih cepat, peserta berkulit putih lebih rentan terhadap dampak diskriminasi ketika mereka mengalaminya.

Para peneliti menegaskan pentingnya mengatasi segala bentuk diskriminasi untuk mendukung penuaan yang sehat dan mendorong kesetaraan kesehatan.***

Editor: Otang Fharyana

Sumber: AntaraNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah