Pemerintah Tambah Subsidi Rp 190 Triliun, Harga Pertalite, Gas 3 kg dan Tarif Listrik Tidak Jadi Naik

- 20 Mei 2022, 21:44 WIB
DPR menyetujui tambahan subsidi, sehingga harga pertalite, solar, minyak tanah, gas 3 kg dan listrik tidak jadi naik./pikiran-rakyat.com
DPR menyetujui tambahan subsidi, sehingga harga pertalite, solar, minyak tanah, gas 3 kg dan listrik tidak jadi naik./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON-Kepastian tentang naik atau tidaknya harga pertalite, solar, minyak tanah, gas dan tarif listrik terungkap juga.

Subsidi yang dikeluarkan  untuk menutupi harga minyak yang tinggi ditanggung pemerintah lewat tambahan subsidi. Masyarakat tidak perlu khawatir harga pertalite, gas ukuran 3 kg dan tarif listrik akan dinaikkan.

Menteri Keuangan Sri Indrawati Mulyani mengungkapkan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui kenaikan anggaran subsidi dan kompensasi energi dalam Anggaran Pendapatan dan Belaja Negara (APBN) 2022 menjadi sebesar Rp 350 triliun.

Baca Juga: Rory Mcllroy Masih Pimpin Turnamen Golf PGA Tour 2022 dengan 5 Under Par-65

Ada beberapa pertimbangan yang membuat subsidi energi dan kompensasi energi ini ditambah. Daya beli masyarakat menjadi pertimbangan utama saat ini di tengah tren pemulihan ekonomi yang terus berlanjut. "Hanya saja, peningkatan daya beli masyarakat saat ini masih terlalu rapuh," tegasnya.

Ia menambahkan Daya beli masyarakat juga belum sepenuhnya pulih. Sementar itu pemulihan ekonomi masih di tahap awal. Ini harus dijaga.

Untuk itu pemerintah harus menambah anggaran subsidi energi ini untuk mencegah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), gas LPG 3 kilogram serta tarif listrik. "Kita naikkan semua subsidi dan kompensasi sampai Rp 350 triliun," kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Revitalisasi Bekas Pujasera, Catat Pemkab Majalengka Gelontorkan Rp 9,6 M

Faktor global

Halaman:

Editor: Aria Zetra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x