Setahun Pandemi hingga Terancam Depresi Ekonomi, Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya? Ini Prediksi Pakar

- 2 Maret 2021, 21:15 WIB
ILUSTRASI - Pakar menyebut usai terjadi resesi ekonomi pasca satu tahun pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Kemiskinan diprediksi meningkat.*
ILUSTRASI - Pakar menyebut usai terjadi resesi ekonomi pasca satu tahun pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Kemiskinan diprediksi meningkat.* /Pixabay/Lorenzo Cafaro/

PR CIREBON – Sudah setahun pandemi berlalu dari sejak penetapan korban pertama Covid-19 yang diumumkan Presiden Jokowi pada Maret 2020 lalu.

Keadaan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan setahun ini telah memberikan dampak yang sangat besar terutama dibidang ekonomi.

Pandemi Covid-19 yang berkelanjutan dan belum tertangani dengan baik membuat Indonesia terancam memasuki yang namanya depresi ekonomi, atau kemunduran ekonomi (resesi) yang terjadi selama satu tahun atau lebih.

Baca Juga: Kebijakan Santunan Korban Covid-19 Dihapus, dr. Tirta: Semoga Bu Risma Memikirkan Solusi

Negara dengan penduduk terbesar ke-empat di dunia dengan 273,9 juta orang telah jatuh ke jurang resesi pada dua triwulan sebelumnya secara berturut-turut yaitu -5,32 persen dan -3,49 persen, pada triwulan ke-dua dan ke-tiga.

Pada triwulan ke-empat pun masih terkontraksi -2,19 persen.

Jika pada triwulan pertama tahun ini pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi, maka Indonesia akan semakin dekat dengan era depresi ekonomi karena artinya sudah setahun terjebak di resesi.

Baca Juga: Kasus Perselingkuhan Nissa Sabyan dan Ayus Masih Hangat, Habib Abdul Hakim Jelaskan Hukum Zinah dan Selingkuh

Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya jika Indonesia benar-benar mengalami depresi ekonomi?

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari The Conversation, berikut prediksi pakar ekonomi.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: The Conversation


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x