Cek Fakta: Beredar Video Sejumlah Warga Sumbar Usir WNA Tiongkok di tengah Pandemi, Ini Faktanya

- 23 Mei 2020, 11:58 WIB
Beredar video yang memperlihatkan kedatangan sejumlah TKA Tiongkok di bandara Sumbar, tetapi kedatangan mereka diusir oleh sejumlah warga lokal. Kominfo RI

PIKIRAN RAKYAT - Beredar unggahan sebuah video dalam media sosial yang mengklaim warga Sumbar (Sumatera Barat) sedang mengusir turis Tiongkok dan membakar perusahaan milik Tiongkok. Disebutkan pula bahwa peristiwa pembakaran dalam video itu terjadi saat pandemi Covid-19.

Dalam detailnya, video yang disebarkan seorang pengguna Youtube News Update ini menyebutkan isi video terjadi di tengah pandemi Covid-19.

Berikut ini judul yang tersemat dalam video tersebut:

Baca Juga: Lakukan Tracing dalam Hitungan Menit, Sistem Perencanaan Korsel Bisa untuk Menekan Sebaran Covid-19

"Warga Sumbar Mengamuk, Usir China, dan Bakar Perusahaan Mereka," demikian bunyi judul yang diunggah pada 1 April 2020 tersebut.

Dalam video itu menampakkan sejumlah WNA yang baru tiba di sebuah bandara. Namun, di pintu keluar bandara terlihat Gubernur Sumbar, Iwan Prayitno tengah memberikan sambutan. Sedangkan di sisi lain, terlihat seorang pria berpeci putih yang sedang diwawancarai. Bahkan, terdapat cuplikan sebuah bangunan yang terbakar.

Baca Juga: Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1441 H, Hari Raya Idulfitri Jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020

Lebih lanjut, video dengan durasi sekitar 10 menit ini dibagikan oleh seorang pengguna Facebok Noer Kholiss pada 12 Mei 2020. Bahkan, unggahan akun tersebut telah mendapat tanggapan lebih dari 600 kali, komentar lebih dari 150 kali, dan dibagikan lebih dari 300 kali.

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs resmi Kominfo RI, ditemukan bukti yang membantah klaim narasi yang disertakan dalam unggahan video itu

Secara pasti, unggahan video tersebut merupakan gabungan beberapa cuplikan dari peristiwa yang berbeda. Pasalnya, bideo ini merupakan video penyambutan turis Tiongkok di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X