Cek Fakta: Beredar Video Sebut Seluruh Warga Ethiopia Positif Corona Usai Pulang dari Italia

- 26 Maret 2020, 09:59 WIB
Perawat medis di Italia Utara mengalami tekanan yang berat di mana kasus di wilayah itu dilaporkan paling parah.*

PIKIRAN RAKYAT - Ragam kebijakan pemerintah terkait wabah virus corona mulai diberlakukan, menyusul jumlah terinfeksi didunia mencapai angka 468.905 orang.

Meski bermula dari Tiongkok, namun negara dengan kasus kematian tertinggi akibat wabah virus corona adalah Italia. Hingga Kamis, 26 Maret 2020 sebanyak 7.503 warga Italia dikabarkan meninggal dunia.  

Kondisi ini membuat WHO menetapkan peraturan resmi guna memutus rantai penyebaran dengan membatasi bahkan meniadakan jadwal penerbangan antar negara, serta mengimbau tenaga medis Italia menyiapkan serangkaian pemeriksaan bagi penumpang pesawat.

Baca Juga: Minim Alat Pelindung Diri, Tiga Perawat Gunakan Kantong Plastik Sampah untuk Tangani Pasien Corona

Berkenaan dengan terus meningkatnya jumlah kematian akibat virus corona di Italia, baru-baru ini beredar video memperlihatkan warga Ethiopia yang menjadi penumpang dalam perjalanan dari Italia seluruhnya telah dikonfirmasi positif corona.

Video yang dimuat akun Facebook Rose Zhang ini, menampilkan situasi bandara Ethiopia sesaat setelah dilakukan pemeriksaan dan semuanya dikonfirmasi positif, disertai narasi yang mengikutinya.

loading...

"Penerbangan dari Italia ke Ethiopia. Semua penumpang dinyatakan positif. Polisi berusaha menangkap, menembak mereka yang mencoba melarikan diri," dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari tangkapan layar Rose Zhang.

Baca Juga: Pianis Ananda Sukarlan Persembahkan Lagu untuk Almarhumah Ibunda Jokowi

HOAKS beredar video yang mengklaim seluruh warga Ethopia positif corona usai melakukan perjalanan dari Italia.*
HOAKS beredar video yang mengklaim seluruh warga Ethopia positif corona usai melakukan perjalanan dari Italia.* /Turn Back Hoax

Baca Juga: Bentuk Antisipasi, Pemerintah Kota Cirebon Luncurkan Situs Resmi Informasi Covid-19

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Turn Back Hoax, FACTLY

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X