Padi Super Tingkatkan Ketahanan Pangan: Pengembangan Varian Unggul dan Target Produksi

- 14 November 2023, 10:36 WIB
Ilustrasi. Mengejar target produksi pangan dengan padi varietas super dilakukan oleh Kementan bekerjasama dengan lembaga pangan nasional.
Ilustrasi. Mengejar target produksi pangan dengan padi varietas super dilakukan oleh Kementan bekerjasama dengan lembaga pangan nasional. /ANTARA FOTO

SABACIREBON - Pemerintah terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan dengan mengembangkan dan memproduksi padi varietas unggul.

Pada lahan Demonstrasi Area Pangan PT Sang Hyang Seri, Desa Ciasem Girang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, padi galur unggul baru menunjukkan ketahanan terhadap kemarau panjang 2023.

Sejumlah varietas unggul seperti MSP 65, Inpari 48, dan Mantap dipanen Kementerian Pertanian. MSP 65, misalnya, bisa dipanen dalam 65 hari.

Baca Juga: Piramida Pugung Raharjo, Jejak Budaya tak Terduga di Lampung Tengah

Pelaksana Tugas Menteri Pertanian, Arief Prasetyo Adi, berharap varietas ini menjadi alternatif bagi petani di musim kering. Kerja sama dengan lembaga terkait, termasuk BRIN, turut berkontribusi dengan memproduksi 35 varietas padi unggul.

Teknologi iradiasi sinar gamma digunakan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Irawan Sugoro dari BRIN menyatakan bahwa teknologi ini mengubah genetik tanaman untuk meningkatkan produktivitas.

Padi super, hasil mutasi genetik, mampu memperpendek usia tanam dan meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat.

Baca Juga: Percepat Bauran Energi Baru Terbarukan, PLTS IKN dan Cirata, Bukti Komitmen Energi Bersih.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x