Indeks Harga Konsumen Indonesia: Inflasi Tetap Rendah Meski Harga Bahan Bakar dan Pangan Meningkat

- 20 Oktober 2023, 15:47 WIB
ILUSTRASI INFLASI./pikiran-rakyat.com
ILUSTRASI INFLASI./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON -- Seperti yang diperkirakan, tekanan inflasi di Indonesia meningkat secara bulanan (m/m) pada  September 2023.

Namun, secara tahunan (y/y), inflasi Indonesia menurun cukup signifikan sebagai dampak dari subsidi yang diberikan. Kenaikan harga BBM pada September 2022 kini dihilangkan dari data.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi umum Indonesia melambat ke angka 2,28 persen (y/y). Inflasi tahunan sebesar 2,28 persen (y/y) pada bulan September 2023 jauh di bawah laju 3,27 persen (y/y) pada bulan sebelumnya.

Dikutip dari Indonesia Investment,  sekali lagi, pada September tahun lalu, negara ini mengalami inflasi yang tinggi karena pemerintah menaikkan harga bahan bakar bersubsidi.

Baca Juga: Kuliner Indonesia Merambah Dunia. Masakan Padang dan Martabak Banyak disuka.

Meskipun demikian, Indonesia  sebenarnya dapat berargumentasi bahwa tingkat inflasi bulanan sebesar 0,19 persen pada  September 2023 (sebenarnya) agak tinggi karena bulan September biasanya membawa sedikit deflasi pada perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini.

Ada dua faktor di balik relatif tingginya inflasi September 2023: (1) per 1 September 2023, harga BBM non-subsidi dinaikkan oleh Pertamina (melibatkan Pertamax RON 92, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex), dan (2) meningkatnya harga beras juga berdampak pada inflasi (yang mungkin disebabkan oleh lemahnya panen di tengah kondisi cuaca kering yang tidak biasa (Asia Tenggara saat ini merasakan fenomena cuaca El Nino yang kuat).

Hal yang  menarik, mulai 1 Oktober 2023, harga bahan bakar non-subsidi akan terus dinaikkan di Indonesia. Pertamina, Shell Indonesia, BP–AKR, dan Vivo Energy Indonesia semuanya sudah memastikan  menaikkan harga bahan bakar non-subsidi.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Indonesia Investment


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x