5 waktu pembayaran zakat fitrah paling dianjurkan sebelum Idul Fitri

- 3 April 2024, 23:14 WIB
Ilustrasi, bacaan niat zakat fitrah
Ilustrasi, bacaan niat zakat fitrah /Pixabay/aieed

SABACIREBON -- Tak lama lagi umat Islam akan menyambut hari kemenangan, Idul Fitri. Sebagai bagian dari ibadah Ramadan, zakat fitrah menjadi kewajiban yang tak terelakkan. Tidak hanya sebagai pembersih dosa, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian sosial.

Berikut adalah lima waktu pembayaran zakat fitrah yang paling dianjurkan sebelum Idul Fitri:

1. Idealnya, zakat fitrah harus dibayarkan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Ini memastikan bahwa bantuan sosial telah diberikan kepada yang membutuhkan sebelum momen penting itu tiba.

Baca Juga: Queen of Tears Episode 9 Preview: Tanggal Rilis, Waktu & Tempat Menonton

2. Memberikan zakat fitrah dua hari sebelum Idul Fitri juga disarankan, karena ini memberi waktu bagi penerima untuk mempersiapkan diri mereka menjelang hari raya.

3. **Satu Minggu Sebelum Idul Fitri**: Mengutamakan pembayaran zakat fitrah seminggu sebelum Idul Fitri adalah langkah yang bijaksana. Ini memungkinkan lembaga amal untuk mengorganisir distribusi dengan lebih baik dan memastikan bahwa bantuan sampai tepat waktu.

4. Berkontribusi pada pekan pertama bulan Ramadan adalah pilihan yang baik. Ini memberikan kepastian kepada penerima zakat dan membantu mereka merencanakan pengeluaran selama bulan suci ini.

Baca Juga: Aset Kripto Indonesia Memuncaki Peringkat Ketujuh di Dunia dengan Nilai yang Menggiurkan

5.  Semakin awal membayar zakat fitrah, semakin baik. Membuat pembayaran pada awal bulan Ramadan memberikan kelegaan bagi penerima yang bisa mempersiapkan kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah