Wasabi Bumbu Asal Jepang Ini Dipercaya Bermanfaat untuk Kesehatan, Simak Disini

- 14 Desember 2023, 15:59 WIB
Wasabi Tanaman Asli Jepang yang dijadikan rempah-rempah maupun bahan dasar obat-obatan
Wasabi Tanaman Asli Jepang yang dijadikan rempah-rempah maupun bahan dasar obat-obatan /IG Wasabi/

SABACIREBON- Wasabi, bumbu asal Jepang yang dapat menambah rasa pada sushi bisa menjadi suplemen yang bermanfaat untuk kesehatan kognitif, demikian menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients.

Peneliti, seperti disiarkan Medical Daily, Selasa (12/12), menemukan peningkatan signifikan dalam memori jangka pendek dan jangka panjang pada kelompok peserta berusia 60 tahunan terkait penggunaan suplemen yang mengandung 6-MSITC yakni senyawa bioaktif utama yang ditemukan di wasabi.

Dalam studi itu, tim peneliti mengevaluasi 72 sukarelawan sehat berusia antara 60 dan 80 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok.

Baca Juga: 5 Makanan Lezat dan Mudah Dibuat dengan Nasi Sebagai Bahan Utama, Salah Satunya Sushi

Satu kelompok mengonsumsi 100 miligram ekstrak wasabi sebelum tidur, sementara kelompok lainnya mengonsumsi plasebo yang sama selama 12 minggu.

Para peneliti memeriksa berbagai kemampuan kognitif para peserta, termasuk fungsi eksekutif, memori, kecepatan pemrosesan dan perhatian sebelum dan sesudah percobaan.

Pada akhir uji coba, kelompok yang mengonsumsi wasabi menunjukkan daya ingat jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik ketika mereka diuji kemampuan berbahasa, konsentrasi, dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas sederhana.

Baca Juga: Akibat Ingin Sushi Gratis, Pria Taiwan Ubah Nama Menjadi Salmon dan Menyesal Tak Bisa Diganti Lagi

“Penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa 6-MSITC memiliki manfaat pada fungsi memori pada orang dewasa lanjut usia yang sehat,” tulis para peneliti.

Halaman:

Editor: Nurhidayat

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah