Ekonomi Lesu Terdampak Covid-19, Bamsoet: Bantuan Sosial Penting untuk Jaga Stabilitas Daya Beli

- 3 Oktober 2020, 14:04 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. /ANTARA/

PR CIREBON – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan pentingnya penyaluran bantuan sosial untuk menjaga daya beli masyarakat yang telah lesu karena terdampak pandemi Covid-19.

Bamsoet mengatakan strategi pemerintah dalam memberikan bansos tersebut perlu dipercepat, bahkan apabila kemungkinan penerima sasaran diperluas lagi jangkauannya, agar daya tahan ekonomi masyarakat tidak mengalami penurunan.

“Mendorong pemerintah meningkatkan dan memfokuskan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada kelompok masyarakat miskin dan rentan agar daya beli masyarakat tidak semakin tergerus,” kata Bambang Soesatyo dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara.

Baca Juga: Buka Pikiran dan Tambah Keterampilan, Berikut 5 Cara Menguasai Hidup Selaras dengan Perubahan Zaman

Ia juga mengharapkan penyaluran insentif yang serupa berupa stimulus kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga perlu diperlancar dalam penyalurannya, agar kegiatan ekonomi dapat segera bangkit.

UMKM memiliki peranan penting bagi keberlangsungan perputaran ekonomi di Indonesia, bisa dibilang UMKM adalah tonggak ekonomi negara. Dengan adanya UMKM, perputaran ekonomi, aktivitas pasar, serta lapangan kerja dapat terus terbuka dan berjalan dengan baik.

“Percepatan penyaluran berbagai program bantuan sosial dan perluasan sasaran penerima bantuan subsidi yang telah direncanakan pemerintah, serta terus memberikan dukungan untuk menjaga daya tahan kelompok yang paling terdampak, seperti pelaku UMKM,” ujar Bamsoet.

Baca Juga: Pegawai KPK Ramai Mengundurkan Diri, Alexander Marwata: Kami Menghargai Pilihan Karyawan

Dalam Kesempatan ini, Bamsoet mengharapkan pemerintah juga membuat terobosan lainnya sebagai langkah antisipatif yaitu terkait pengadaan komoditas pangan terutama untuk pasokan dan distribusi.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x