Pengembangan Pariwisata Hijau Berkelanjutan di IKN Terima Dukungan Pemerintah dan Investasi

- 22 Maret 2024, 15:31 WIB
Pemerintah akan mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi berkelanjutan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Konsep yang diterapkan berbasis green tourism (pariwisata hijau) dan sustainable (berkelanjutan).
Pemerintah akan mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi berkelanjutan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Konsep yang diterapkan berbasis green tourism (pariwisata hijau) dan sustainable (berkelanjutan). /KEMENPAREKRAF

SABACIREBON - Kemenparekraf akan menyelenggarakan International Tourism Investment Forum (ITIF) pada Juni 2024 untuk mendukung pariwisata di IKN.

Pemerintah berkomitmen mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi berkelanjutan di IKN dengan konsep green tourism dan sustainable. 

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat memaparkan dukungan Kemenparekraf/Baparekraf pada pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berkelanjutan di IKN Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jakarta, Kamis lalu.

Baca Juga: Langkah Antisipatif Jelang Musim Kemarau 2024

Menteri Sandiaga Uno menekankan bahwa pengembangan IKN tidak akan menghadirkan resor mewah, namun lebih berfokus pada ecotourism dan glamping.

Kemenparekraf akan mengadakan Gerakan Sadar Wisata dan pelatihan SDM ekonomi kreatif untuk mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Kemenparekraf melaksanakan koordinasi pengembangan kawasan wisata dan kota kreatif untuk membangun destinasi berkualitas.

Baca Juga: PWI akan Undang Menko Polhukam untuk Beri Kuliah bagi Pengurus Pusat dan Anggota PWI

“Kajian awal yang baru-baru ini dilakukan terkait potensi pengembangan sustainable seamless travel di IKN, di mana pariwisatanya itu bukan model resort besar tapi lebih ke arah ecotourism, glamping. Kami melihat tren berwisata dan ekonomi kreatif di IKN ini akan mengacu kepada konsep quality sustainability,” kata Menparekraf Sandiaga.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x