Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lampaui Amerika dan Singapura. Ini Buktinya

- 7 Agustus 2023, 21:00 WIB
Menko Airlangga saat menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 7 Agustus 2023
Menko Airlangga saat menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 7 Agustus 2023 /

SABACIREBON - Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,17 persen secara tahunan (yoy)  jauh lebih tinggi dari pertumbuhan sejumlah negera, termasuk Amerika dan Singapura. “Dapat dibilang lebih solid,”  kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Senin 7 Agustus 2023.

Berdasarkan data, pertumbuhan ekonomi Vietnam tercatat di level 4,14 persen, Meksiko di level 3,66 persen, AS 2,70 persen, Taiwan 1,45 persen, Arab Saudi di level 1,10 persen serta Korea Selatan 0,87 persen.

“Nah tentu kita lihat juga tingkat inflasi kita salah satu yang terendah di 3,08 persen, dibandingkan dengan negara Jerman yang masih di 6 persen atau yang sedang kena hiperinflasi seperti Turki itu yang 47 persen,” kata Menko Airlangga dalam Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Selamat Tinggal Penerbangan Jet dari Husein Sastranegara Bandung...

Stagnasi tersebut dikarenakan saat ini negara-negara lain tengah mengalami kontraksi serta peningkatan inflasi akibat gejolak perekonomian global yang semakin tak menentu.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya di bawah China yang tercatat 6,3 persen, dan Uzbekistan sebesar 5,6 persen.

Oleh karena itu ia optimistis bahwa kinerja pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dapat berlanjut hingga akhir tahun.

Baca Juga: Pengobatan Herbal : Ginjal Tinggal Satu dan Harus Cuci Darah, Kini Dinyatakan Normal (bagian 5)

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini mencatatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 berada pada level 5,17 persen secara tahunan (yoy).

Sedangkan, secara kuartalan (qtq) mengalami kenaikan sebesar 3,86 persen apabila dibandingkan dengan kuartal I-2023.

Menko Airlangga menilai kinerja ekonomi tersebut menandakan ekonomi Indonesia telah berhasil di atas 5 persen secara tujuh kuartal berturut-turut.

Baca Juga: Nothing Phone (2): Pesaing iPhone Akan Segera Hadir Bulan Ini dengan Spesifikasi Unggul

Selain itu, pencapaian juga ditandai dengan kembalinya Indonesia ke dalam kategori Upper Middle Income Country berdasarkan Bank Dunia (World Bank).

"Indonesia kembali menuju upper middle income country berdasarkan data Bank Dunia di akhir Juni 2023 kita di angka 4.580-an. Kita berharap di akhir tahun 2024 nanti kita bisa mencapai 5.500 dolar AS dibanding negara lain," ujarnya. ***

Editor: Uyun Achadiat

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x