Pedagang Ayam Turun ke Jalan, Terungkap Ini Biang Kerok Harga Meroket, Bagaimana Sikap Pemerintah?

- 27 Juni 2023, 00:00 WIB
Para pedagang ayam berkumpil sikapi harga tinggi
Para pedagang ayam berkumpil sikapi harga tinggi /Andik sc prmn/

SABACIREBON-Tidak terkendalinya harga daging ayam saat ini, memaksa ratusan pedagang ayam di Cirebon turun ke jalan, Senin 26 Juni 2023.

Seperti dilakukan para
pedagang ayam yang tergabung dalam Seduluran Pedagang Ayam Wilayah III Cirebon.

Namun aksi demo yang direncanakan gagal karena belum meminta izin ke Kepolisian. Padahal mereka saat itu sudah berkumpul di kawasan Stadion Bima, Kota Cirebon.

Para peserta aksi rencananya datang untuk menyuarakan mahalnya harga ayam dan pakan dalam 2 bulan terakhir. Tepatnya sejak lebaran Ramadhan lalu, hingga kini harga ayam tak pernah turun lagi.

Baca Juga: Kenapa Majalengka Dijuluki Kota Angin, BMKG Kertajati Beberkan Alasannya

Praktis kondisi ini pun menyulitkan para pedagang ayam dan telor. Mereka mengaku salah satu dampaknya penjualan menjadi drastis menurun.

Perwakilan DKUKMPP Kota Cirebon tampak mendatangi kerumunan para pedagang aysm tersebut. Mereka mencoba membuka komunikasi untuk mendengarkan aspirasi dari pedagang.

"Dari harga Rp 27 ribu sekarang harganya sudah mencapai Rp 40 ribu/kg. Mungkin penyebabnya ayam ekspor, pakan juga naik. Jadi akhirnya harga ikut naik," kata Mulyana, Korlap aksi demo Pedagang Ayam Wilayah III Cirebon kepada wartawan.

Halaman:

Editor: Andik Arsawijaya

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x