Waspada, Ditemukan Mie Instan Produk Korea Mengandung Babi. Diduga Beredar di Bulan Ramadan

- 7 April 2023, 09:46 WIB
Dr Firman T Endipradja, Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI/Dosen Hukum Perlindungan Konsumen./BPKN RI
Dr Firman T Endipradja, Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI/Dosen Hukum Perlindungan Konsumen./BPKN RI /

Oleh:  DR. Firman T. Endipradja *)

DALAM menjalankan tugasnya untuk memberikan saran, masukan dan rekomendasi kepada pemerintah, sesuai dengan UU No.8 Tahun 1999 ttg Perlindungan Konsumen,  Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI, Selasa (4 April 2023) melaksanakan survey di pasar tradisional  Pasar Anyar Tangerang, dan pasar modern Transmart Mall Tangerang City, untuk mengetahui harga-harga komoditas di pasaran menjelang iedul fitri 1444 H.

Survey dilakukan oleh tim dari BPKN, terdiri dari Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi, Firman Turmantara, Wakil Ketua BPKN RI, Mufti Mubarok dan staf, Rudi staf Disperindag serta Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati dan beberapa media.

Dalam survey tersebut, BPKN RI mendapatkan beberapa temuan dan keluhan pedagang, seperti terjadi lonjakan harga, minimnya stok ketersediaan, pengiriman barang terlalu lama dan ditemukannya mie instan produk Korea yang mengandung unsur babi, yaitu mie merk Ottogi Cheese Ramen.

Baca Juga: Hujan Ringan, Cerah Berawan: Prakiraan Cuaca Bandung Raya Jawa Barat Hari Ini Jumat 7 April 2023

Pada saat ditemukan mie instan yang mengadung babi tersebut, tim survey meminta agar pengelola menarik dan tidak menjualnya kembali sebelum ada "Tulisan/Keterangan" yang jelas mengenai produk yang mengadung babi itu agar konsumen mengetahuinya.

Berdasarkan peraturan Kepala BPOM Nomor 12 Tahun 2016, pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan "MENGANDUNG BABI". 

Tidak hanya itu, kemasan juga harus mencantumkan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar warna putih. Tentunya mie instan produk asal Korea yang mengadung babi temuan tim survey ini dapat diperkirakan sudah ada konsumen (muslim) yang membelinya dan dapat diduga beredar di berbagai pasar terutama pasar modern.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Tulisan Opini


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x