Diecast, Hobi Koleksi Mainan yang Menghasilkan Keuntungan

- 25 Maret 2024, 23:22 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Bing/Ai

 

SABACIREBON - Diecast, atau miniatur mainan mobil atau motor yang terbuat dari logam, kini bukan hanya digemari anak-anak. Orang dewasa kini kerajingan mainan ini yang ternyata dapat mendatangkan cuan.

Salah satunya adalah Cikal (24), seorang mahasiswa asal Kota Bandung  yang telah mengumpulkan diecast sejak di bangku sekolah dasar, kini memiliki koleksi hingga seratusan lebih.

Selain menjual koleksinya, Cikal juga kerap melakukan barter dengan penghobi diecast lainnya. Bahkan pernah menunjukkan diecast mobil sport langka yang pernah ditawar hingga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga: Persiapan Musim Mudik 2024, Berbagai Strategi Disiapkan

“Ini dulu saya beli sekitar Rp.35,000. Tapi sekarang ada yang nawar sampai Rp.250 ribu,” jelasnya.

Menurut Cikal, banyak penghobi yang mencari diecast keluaran lama dan tidak diproduksi lagi. Harganya bisa mencapai ratusan ribu, tergantung kondisi dan merk diecast tersebut.

“Yang sekarang lagi ramai dicari, diecast mobil keluaran Tomica Jepang lawas. Seperti Honda TN seri tiga. Satunya Rp.300 ribu, bisa lebih,” ucap Cikal.

Baca Juga: Momentum Ramadan Pacu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Selain Tomica Jepang, diecast merk Hot Wheels dan Matchbox keluaran Matel.Inc Amerika Serikat juga banyak digemari para kolektor dan penghobi.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Bukalapak RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah