Pertumbuhan Animasi di Indonesia Diprediksi Semakin Masif

- 9 Maret 2024, 19:53 WIB
Ilustrasi Industi Animasi
Ilustrasi Industi Animasi /Bing/AI

 

SABACIREBON – Industri animasi nasional berpeluang berkembang lebih pesat seiring dengan beragamnya medium untuk produk kreatif anak bangsa.

Pertumbuhan industri animasi di Indonesia diprediksi akan semakin massif dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam animasi 3D.

Sektor animasi pun diproyeksikan terus tumbuh dan menjadi subsektor industri kreatif yang berpotensi mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia dalam satu dekade ke depan.

Baca Juga: Jadwal TV Rabu, 20 Oktober 2021: RTV, Indosiar dan GTV: Ada Animasi Adit Sopo Jarwo

Indikator pertumbuhan industri animasi ini terlihat dari semakin banyaknya animator asal Indonesia yang sukses di kancah internasional.

Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan kreatif mancanegara, mulai dari pembuatan karakter dalam music video girl band Korea hingga menjadi art director dalam proyek band papan atas dunia seperti Coldplay.

Data dari Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) menunjukkan bahwa terdapat sekitar 120 studio animasi di Indonesia per 2020.

Baca Juga: Resident Evil: Infinite Darkness BTS Vid Menjelajahi Tantangan Mo-Cap, Film Animasi yang Sedang Banyak Dicari

Selain itu, dalam kurun waktu lima tahun (2015-2019), industri animasi Indonesia telah tumbuh sebesar 153 persen, dengan rata-rata kenaikan 26 persen per tahun.

Halaman:

Editor: Nurhidayat

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah