Cek Fakta: Hoaks Seorang Warga Bandung Positif Corona Sengaja Kabur ke Wilayah Taman Kopo Indah 2

- 26 Maret 2020, 13:22 WIB
Seorang pekerja membersihkan pintu di sebuah rumah sakit, ketika rumah sakit memberlakukan serangkaian langkah-langkah untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona (covid-19), di Damaskus, Suriah, 19 Maret 2020. /Reuters

PIKIRAN RAKYAT - Terkait wabah virus corona, jumlah warga Jawa Barat yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 terus mengalami penambahan. 

Seperti dipantau PikiranRakyat-Cirebon.com melalui rilis Pusat Infromasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) pada Kamis, 26 Maret 2020 pukul 12:38 WIB, tercatat sudah ada 73 warga Jabar terinfeksi Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru, jumlah orang dalam pemantauan atau ODP di Jawa Barat terus bertambah secara drastis. Dari 2.771 orang menjadi 3.669 ODP atau bertambah 898 orang.

Baca Juga: Pemain Persib Bandung Pulang Kampung, Pelatih Robert Pantau Latihan Lewat Video Call

Hasil siginfikan sejumlah pasien ODP disebabkan mudiknya para pekerja daerah yang bekerja di Jakarta, sebagaimana diketahui menjadi episentrum Covid-19.

Menindaklanjuti hal ini, ragam kebijakan pemerintah mulai diberlakukan guna memutus rantai penyebaran. Berkenaan dengan hal itu, baru-baru ini beredar kabar menyebut bahwa pasangan suami istri dari Bandung yang telah dikonfirmasi virus corona, kini sang istri meninggal dunia dan suami dikabarkan tengah kabur.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Kabar Empat Dokter RS BMC Dinyatakan Positif Covid-19, Tinjau Klarifikasinya

Kabar yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp itu menampilkan sebuah foto diduga pasangan suami istri serta dilengkapi narasi klaim yang mengikutinya.

"Tanti Herawati dan Mardan Darwin, si Tantri meninggal barusan. Tadi malam suaminya mau dijemput paksa lari duluan. Suaminya bilang mau disebar biar jangan keluarganya aja yang terinfeksi.

"Korban Covid-19 dan suaminya yang buron berdomisili komplek TKI 2, ini dari teman yang dinas di Polres Bandung," dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari tangkapan layar pesan singkat WhatsApp.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: jabar saber hoaks


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X