Terkait Perkembangan Covid-19 di Jawa Barat, Ridwan Kamil Beberkan Empat Kluster Penyebaran

- 25 Maret 2020, 17:00 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat menggelar konferensi pers terkait perkembangan terkini COVID-19 di Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).* HUMAS JABAR

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus melaporkan perkembangan Covid-19 di Jabar. Sejauh ini, penularan Covid-19 yang sudah terdeteksi dapat dikelompokkan dalam empat kluster penyebaran.

Kluster pertama adalah Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jabar di Kabupaten Karawang. Kluster kedua dan ketiga yakni dua seminar di Bogor. Terakhir, seminar keagamaan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil mengimbau masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut atau kluster untuk melapor ke Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota setempat. Ini dikarenakan penilaian Kang Emil bahwa masyarakat yang masuk empat kluster itu harus melakukan tes Covid-19.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Obat Avigan untuk Tangkal Virus Corona Dapat Membunuh Janin?

“Ini semua (tujuh kasus positif Covid-19 di Karawang) adalah hasil tes mandiri. Jadi, kami betul-betul mengambil keputusan yang benar, yaitu melakukan tes mandiri yang hasilnya bisa dicek oleh laboratorium kami sendiri,” kata Kang Emil dalam konferensi pers yang berlangsung di Gedung Pakuan, Kota Bandung pada Selasa, 24 Maret 2020.

Bahkan, Kang Emil menyontohkan satu kluster dari Musda HIPMI telah menghasilkan lebih dari tujuh orang yang ikut terpapar Covid-19.

loading...

Baca Juga: Belum Usai Virus Corona, Warga Tiongkok Meninggal Terkena Hantavirus

Sehingga, Kang Emil menilai rapid test harus segera digelar dengan sasaran orang-orang kluster yang melapor pada Dinkes masing-masing.

“Hasilnya ada pola persebaran. Satu pola adalah lebih dari tujuh orang itu terpapar positif Covid-19 adalah orang-orang yang datang ke acara Musda Hipmi di Karawang, 9 Maret (2020) lalu.

"Sehingga saya mengimbau semua yang hadir di acara Musda Hipmi agar segera lapor kepada Dinkesdi kota/kabupaten masing-masing, segera hari ini atau besok pagi untuk dilakukan tes, yang Alhamdulillah persiapan rapid test sudah siap dilaksanakan mulai besok,” jelas Kang Emil sebagaimana yang dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com melalui situs resmi Pemprov Jabar pada 25 Maret 2020.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Situs Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X