Potensi Cuaca Ekstrem! BMKG Beri Peringatan Hujan Lebat dan Petir di Sejumlah Wilayah Indonesia

- 17 April 2024, 09:08 WIB
ILUSTRASI HUJAN PETIR: BMKG memperingatkan tentang ancaman cuaca ekstrem yang mengintai sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu 17 April 2024.
ILUSTRASI HUJAN PETIR: BMKG memperingatkan tentang ancaman cuaca ekstrem yang mengintai sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu 17 April 2024. /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Freepik

SABACIREBON - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan tentang ancaman cuaca ekstrem yang mengintai sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu 17 April 2024.

Risiko hujan sedang hingga lebat disertai petir diprediksi akan melanda wilayah-wilayah seperti Bali, Bangka Belitung, hingga Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, peringatan serupa juga ditujukan bagi Maluku, Papua, hingga Sumatra Utara, di mana potensi hujan lebat dengan kilat dan petir dapat terjadi.

Baca Juga: Prakiraan Cuasa BMKG: Sabtu Ini Hujan Sepanjang Hari, DKI Jakarta dan 19 Daerah lainnya Berstatus Waspada

Bahkan, daerah-daerah seperti Aceh, Lampung, dan Maluku Utara harus waspada terhadap risiko hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir dan longsor.

BMKG juga memberikan gambaran perkiraan cuaca di beberapa kota besar. Meskipun pagi diprediksi cerah berawan di beberapa daerah, seperti Banda Aceh, Bandung, hingga Medan, namun Jambi harus bersiap-siap menghadapi hujan petir pada pagi hari.

Situasi cuaca semakin kompleks pada siang hari, di mana sejumlah kota besar akan dilanda hujan berpetir, seperti Surabaya, Banjarmasin, Mataram, dan Manado.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Cuaca Ekstrem: 21 Daerah Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang

Medan dan Yogyakarta bahkan diprediksi akan mengalami hujan lebat, menambah kerawanan terhadap potensi banjir di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Fabian DZ

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah