Prakiraan Cuaca BMKG Cuaca Ekstrem: 21 Daerah Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang

- 11 April 2024, 07:34 WIB
ILUSTRASI CUACA EKSTREM: BMKG memperingatkan masyarakat Indonesia tentang potensi cuaca ekstrem yang akan melanda sebagian besar wilayah.
ILUSTRASI CUACA EKSTREM: BMKG memperingatkan masyarakat Indonesia tentang potensi cuaca ekstrem yang akan melanda sebagian besar wilayah. /pandapotans/pixabay / LukasJohnns

SABACIREBON - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat Indonesia tentang potensi cuaca ekstrem yang akan melanda sebagian besar wilayah.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi menghantam 21 daerah, memaksa mereka untuk berstatus waspada.

Dari Aceh hingga Papua, termasuk kota-kota seperti Bandung, Denpasar, dan Jakarta, akan menghadapi potensi cuaca buruk.

BMKG juga mencatat bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi melanda beberapa kota besar seperti Ambon, Mataram, Pangkal Pinang, dan Medan pada pagi-siang hari.

Selain itu, Semarang, Surabaya, Serang, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya harus siap menghadapi hujan ringan-berawan pada pagi dan malam hari.

DKI Jakarta sendiri diprediksi akan dilanda hujan berawan-hujan sedang di pagi hingga siang hari, diikuti hujan ringan-berawan pada malam hari, dengan kelembaban mencapai 75-100 persen dan suhu berkisar 24-32 derajat Celsius.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengingatkan bahwa potensi cuaca ekstrem ini dapat meningkatkan risiko bencana di sebagian besar daerah dalam satu minggu ke depan.

Hal ini disebabkan oleh intervensi dari tiga bibit siklon tropis, yakni Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P yang terpantau di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia.

Analisis meteorologi menunjukkan bahwa Bibit Siklon Tropis 91S memiliki peluang tinggi untuk berkembang menjadi siklon tropis dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30-35 knots (56-65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, dan pergerakan ke arah tenggara.

Halaman:

Editor: Fabian DZ

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah