Covid-19 Lebih Cepat Berkembang saat Musim Hujan, Daya Tahan Tubuh Jadi Hal Utama untuk Diperhatikan

- 25 Maret 2020, 07:36 WIB
ILUSTRASI Corona, COVID-19.*
PIKIRAN RAKYAT - Virus Corona (Covid-19) lebih cepat berkembang saat musim penghujan, para dokter di Cirebon berharap segera tiba musim kemarau, agar penyebaran wabah virus corona cepat usai.
 
Seperti diungkapkan dr. Budi Budi Setiawan Sunjaya, jenis covid-19 termasuk ke dalam jenis virus yang cepat berkembang, dan senang di udara lembab atau dingin.
 
Di antaranya di musim penghujan seperti sekarang ini, virus akan lebih cepat berkembang dan tahan lama saat menempel di suatu tempat.
 
 
"Kami mengimbau agar masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," kata dr. Budi saat konferensi pers soal corona (covid-19) Sabtu, 21 Maret 2020.
 
Direktur RSUD Waled Kabupaten Cirebon itu, menjelaskan penerapan PHBS sendiri seperti halnya mencuci tangan, saat usai beraktivitas terutama setelah beraktivitas dari luar rumah.
 
Hal senada diungkapkan dr. Dwi Sudarni MARS, melihat kondisi musim penghujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh agar bisa dijaga dan ditingkatkan.
 
 
Caranya dengan meminum vitamin C secara rutin, di samping melakukan langkah antisipasi kebersihan dengan mencuci tangan dan menerapkan PHBS.
 
"Karena dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus tidak akan menyerang tubuh yang imunnya kuat, walaupun menyerang virus akan kembali keluar dari tubuh yang daya tahan tubuhnya kuat," jelas Dwi. ***


Editor: Rahmi Nurlatifah

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X