Pendekar Pagar Nusa di Majalengka Teryata Mempunyai Tugas Jaga Kyai dan Ulama, Benarkah?

- 1 Maret 2023, 21:11 WIB
Beladiri Pagar Nusa  salah satu organisasi lahir dari Nahdlatul Ulama/SabaCirebon
Beladiri Pagar Nusa salah satu organisasi lahir dari Nahdlatul Ulama/SabaCirebon /

SABACIREBON- Pagar Nusa merupakan salah satu organisasi yang lahir dari Nahdlatul Ulama (NU). Pagar Nusa adalah organisasi pencak silat yang melaksanakan kebijakan NU dalam pengembangan seni, budaya, tradisi, hingga pengabdian masyarakat.

Organisasi pencak silat ini dibentuk pada 3 Januari 1986, yang didirikan beberapa tokoh, yakni KH Suharbillah, KH Mustofa Bisri, dan KH Maksum Jauhari atau Gus Maksum.

“Pembentukannya udah lama, pada 3 Januari 1986. Tapi mungkin lebih dulu (badan otonom NU) Banser atau Ansor,” kata Ketua Majelis Pendekar PC Pagar Nusa Majalengka, Muhammad Umar, Rabu 1 Maret 2023.

Baca Juga: Tokoh Muda NU KH Maman Imanulhaq Geram Minta Polisi Tak Ragu Tidak Semua Pelaku Penganiayaan

Minimnya ilmu bela diri pencak silat di lingkungan pesantren pada masa itu jadi latarbelakang Pagar Nusa didirikan. Selain itu, tujuan organisasi ini didirikan untuk menjadi benteng pertahanan Bangsa khususnya NU itu sendiri.

“Tujuan dibentuk, sesuai namanya jadi pagarnya NU dan pagarnya Bangsa,” kata Umar.

Umar menyampaikan, di Pagar Nusa ini menganut beberapa aliran silat, diantaranya Salam Pagar Nusa, Panca Tunggal, dan lain sebagainya. Banyaknya aliran silat itu, karena setiap pesantren mempunyai karakter silat sendiri.

Baca Juga: Songsong 100 Tahun NU, Perguruan Pagar Nusa Kabupaten Garut Gelar Seni Budaya Pencak Silat

Halaman:

Editor: Nurhidayat

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah