Songsong 100 Tahun NU, Perguruan Pagar Nusa Kabupaten Garut Gelar Seni Budaya Pencak Silat

- 15 Januari 2023, 14:50 WIB
Penabuh kendang penca atau Pencak Silat Pagar Nusa mengiringi para pesilat saat dalam pergelaran pencak silat di Ponps Al Qur'an Qiroatussab'ah KudangLimbangan Garut.
Penabuh kendang penca atau Pencak Silat Pagar Nusa mengiringi para pesilat saat dalam pergelaran pencak silat di Ponps Al Qur'an Qiroatussab'ah KudangLimbangan Garut. /Foto:Asep S Bakrie/

SABACIREBON - Pengurus Cabang Pencak Silat Pagar Nusa Kabupaten Garut menyelenggarakan pergelaran dalam rangka menyongsong 100 Tahun ormas terbesar Islam Nahdlatul Ulama, Minggu 15 Januari 2023.

Pergelaran yang diikuti 350 peserta dari 18 pengurus kecamatan Pagar Nusa Kabupaten Garut berlangsung di Gedung Serbaguna Pondok Pesantren Al Qur'an Qiroatussab'ah Kudang, Limbangan Garut.

Peserta tidak semata menampilkan gerak pencak silat, akan tetapi juga mempertontonkan atraksi kemampuan fisik yang cukup membuat hadirin terbelalak.

Baca Juga: Ternyata Prajurit Kerajaan Majapahit Dulunya Pernah Singah di Kampung Majalengka Ini, Benarkah?

Rois Syuriah PC NU Kabupaten Garut KH Rd  Amin Muhyidin Maolani dalam amanat saat pembukaan mengatakan, Perguruan Silat Pagar Nusa merupakan badan otonom yang berbasis profesi.

Artinya, kata pimpinan Ponpes AAssaadah,  kepengurusan di Pagar Nusa bisa dipilih dua periode sesuai AD/ART.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Priangan Timur Hari Ini Minggu 15 Januari 2023

Lain halnya dengan Ikatan Pemuda Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU), Anshor dan Banser kepengurusannya hanya satu periode karena berbasis usia.

Lebih lanjut KH Rd Amin mengatakan, pergelaran pencak silat diadakan dalam rangka menyongsong hari ulang tahun ke 100 NU.

Setiap tahun kelahiran NU diperingati pada 31 Januari dan pada 2022 NU tengah menapaki usia ke 96. Tema HUT NU tahun 2022 yakni Merawat Jagat, Membangun Peradaban.

Halaman:

Editor: Asep S. Bakrie

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x