Mohon Bersabar, Arab Saudi Hentikan Kunjungan Umrah karena Virus Corona

- 27 Februari 2020, 12:35 WIB
ILUSTRASI kabah di Mekah, tujuan ibadah haji dan umrah.*

PIKIRAN RAKYAT - Wabah virus corona yang berasal dari Tiongkok, semakin menyebar hingga ke 48 negara di dunia.

Oleh karena itu, Arab Saudi ikut mengambil langkah antisipasi wabah virus corona yang sedang berkembang di penjuru dunia tersebut.

Langkah antisipasinya adalah dengan menangguhkan sementara waktu kedatangan orang-orang yang bertujuan untuk umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Baca Juga: Yenny Wahid Jadi Ketua Panjat Tebing, Ini Harapan Menpora Zainudin Amali

Dikutip Pikiranrakyat-Cirebon.com melalui situs Gulf News dan Reuters bahwa penangguhan sementara waktu ini akan diikuti oleh penetapan penggunaan kartu identitas nasional yang akan mengetahui asal negara pendatang sebelum mengunjungi Arab Saudi.

Keputusan penangguhan sememntara waktu itu dikeluarkan Agensi Press Saudi sesuai Otoritas Kesehatan Saudi yang akan mengelompokkan negara-negara yang diduga memiliki penyebaran virus tinggi.

Pemerintah Saudi pun akan menetapkan kartu identitas nasional yang berfungsi memverifikasi asal negara dari para pengunjung. Kartu identitas nasional ini akan diperiksa di titik kedatangan pintu masuk bandara.

Baca Juga: Digelar Dua Hari, Kepolisian Turun Tangan Bantu Bersihkan Lokasi Situs Matangaji Cirebon

"Penetapan kartu identitas nasional berada dalam wewenang otoritas di titik masuk untuk memverifikasi dari negara mana pengunjung datang dan menerapkan tindakan pencegahan kesehatan untuk menangani mereka yang datang dari negara-negara itu," tulis Agensi Saudi Press dalam pernyataannya.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X