AS Sahkan Penggunaan Vaksin Johnson & Johnson, Sebut Sangat Efektif Cegah Covid-19 Parah ataupun Varian Baru

- 28 Februari 2021, 18:20 WIB
ILUSTRASI// AS meresmikan penggunaan vaksin Covid-19 Johnson & Johnson secara darurat.* /Pixabay.com/ Hakan German

PR CIREBON Amerika Serikat (AS) pada Sabtu, 27 Februari 2021 waktu setempat, mengesahkan vaksin Covid-19 Johnson & Johnson untuk penggunaan darurat.

Vaksin itu merupakan vaksin ketiga Covid-19 yang digunakan AS untuk memerangi wabah yang telah menewaskan lebih dari 500.000 orang Amerika Serikat.

Food and Drug Administration (FDA) AS mengatakan bahwa vaksin sekali pakai sangat efektif dalam mencegah Covid-19 yang parah, termasuk terhadap varian yang lebih baru.

Baca Juga: WOW! Kereta Romawi Kuno dalam Keadaan Utuh Ditemukan Arkeolog di Dekat Pompeii Italia

"Otorisasi vaksin ini memperluas ketersediaan vaksin, metode pencegahan medis terbaik untuk Covid-19, untuk membantu kami dalam memerangi pandemi ini," kata penjabat direktur regulator AS, Janet Woodcock, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Channel News Asia.

FDA mengumumkan otorisasi penggunaan darurat untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas setelah persetujuan dengan pemungutan suara oleh panel ahli dari luar badan tersebut.

Dalam uji klinis besar-besaran, kemanjuran vaksin terhadap Covid-19 parah adalah 85,9 persen di Amerika Serikat, 81,7 persen di Afrika Selatan, dan 87,6 persen di Brasil.

Baca Juga: Panas! LeBron James dengan Zlatan Ibrahimovic Berdebat Soal Aktivitas Atlet dan Politik

Secara keseluruhan, di antara 39.321 peserta di semua wilayah, kemanjuran terhadap Covid-19 yang parah adalah 85,4 persen, tetapi turun menjadi 66,1 persen pada bentuk penyakit sedang.

Halaman:

Editor: Asri Sulistyowati

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X