Ditengah Pandemi Covid 19, Produksi Padi di Kabupaten Cirebon Tetap Surplus

- 26 Juni 2022, 07:06 WIB
Persawahan di Pantura./pikiran-rakyat.com
Persawahan di Pantura./pikiran-rakyat.com /

Oleh: Irhamah Saffanah Salsabila

CIREBON atau banyak orang mengenal kota ini dengan sebutan kota wali atau juga kota udang merupakan sebuah kota yang terletak di daerah pantai utara Provinsi Jawa Barat bagian Timur yang sebagian besar daerahnya merupakan dataran rendah dan sebagian kecilnya merupakan perbukitan. Kabupaten Cirebon juga adalah salah satu daerah agraris di Provinsi Jawa Barat selain Kabupaten Indramayu.

Cirebon juga memiliki letak wilayah yang strategis sehingga dapat dengan mudah
memasarkan hasil pertanian mereka. Meskipun begitu, letak wilayah tersebut ternyata juga membuat petani di Kabupaten Cirebon memiliki tantangan dalam memproduksi padi mereka.

Baca Juga: Ayo, Jangan Lewatkan Pasar Kreatif di Bandung Mulai Awal Juli

Letak wilayah tersebut membuat Cirebon memiliki curah hujan yang rendah, sehingga banyak petani yang mengalami kekeringan bahkan beberapa tidak bisa menanam lahan mereka. Kekeringan menyebabkan petani kesulitan dalam mengairi lahannya, sehingga resiko gagal panen menjadi semakin besar. Beberapa petani harus memanfaatkan pompa air karena curah hujan yang rendah dan sumber air di wilayah Cirebon yang sudah berkurang.

Tidak hanya curah hujan, belum normalnya sungai pembuangan juga menyebabkan sering terjadinya banjir saat musim hujan, sehingga lahan pertanian terendam banjir.

Meskipun sampai saat ini masih memiliki beberapa kendala diatas, Kabupaten Cirebon selama ini sukses menjadi salah satu lumbung padi nasional, ditunjukkan dengan produksi padi Kabupaten Cirebon yang sukses mencapai surplus setiap tahunnya. Karena sukses mencapai surplus setiap tahunnya, pada tahun 2019 Kabupaten Cirebon juga berhasil dipilih menjadi satu-satunya pilot project lumbung pangan di Jawa Barat.

Baca Juga: ATM Beras Entaskan Kemiskinan di Kota Bandung

Pilot project merupakan sebuah program Jabar Juara Lahir Bathin yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Cirebon disebut mempunyai potensi besar untuk menjadi daerah swasembada pangan karena memiliki lahan pertanian yang luas, kesuburan tanah yang masih relative tinggi dan semangat yang tinggi dari para petaninya.

Halaman:

Editor: Aria Zetra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x