Cek Fakta: Benarkah Bandung Ditetapkan Zona Merah usai 22 Kecamatan Terdapat Pasien Positif Corona?

- 26 Maret 2020, 14:14 WIB
HOAKS Bandung jadi zona merah usai 22 kecamatan terdapat pasien positif corona.* /Instagram @jabarsaberhoaks

PIKIRAN RAKYAT - Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar), menampilkan data jumlah warga Jawa Barat yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 sebanyak 73 orang.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru, jumlah orang dalam pemantauan atau ODP di Jawa Barat terus bertambah secara drastis. Dari 2.771 orang menjadi 3.669 ODP atau bertambah 898 orang.

Hasil siginfikan sejumlah pasien ODP disebabkan mudiknya para pekerja daerah yang bekerja di Jakarta, sebagaimana diketahui menjadi episentrum Covid-19.

Baca Juga: Satu Orang Pasien Dalam Pengawasan di Kabupaten Cirebon Meninggal

Dengan adanya data peta sebaran virus corona di Jawa Barat terutama Kota Bandung, baru-baru ini beredar kabar yang menyebut kota Bandung masuk dalam kategori Zona Merah.

Kabar yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp itu, memperlihatkan sebanyak 22 Kecamatan di Kota Bandung telah dipenuhi sebaran pasien terinfeksi corona, sehingga total jumlah dikabarkan terpapar di Kota Bandung sebanyak 65 orang.

"Kabupaten Bandung siaga virus corona karena penyebaran penyakit sangat banyak di wilayah Kabupaten Bandung sekarang sudah masuk Zona Merah," dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari tangkapan layar pesan WhatsApps.

Baca Juga: Liga 1 dan 2 Resmi Dihentikan, Pelatih Persib Bandung Tunggu Kepastian Kelanjutan Kompetisi 2020

Selain itu, dalam pesan berantai WhatsApp tersebut menampilkan narasi panjang deretan kecamatan di Kota Bandung yang telah terpapar virus corona, dari sebanyak 22 wilayah itu rata-rata jumlah sebaran 2-3 orang terinfeksi.

Sontak, kabar ini menggiring asumsi masyarakat bahwa Bandung kini telah menjelma menjadi sebuah kota yang sepi dan mencekamn usai diklaim memiliki 22 kecamatan dengan sebaran terinfeksi virus corona rata-rata 2-3 orang.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: jabar saber hoaks


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X