Desa Panggungharjo Cerminan Desa Mandiri dan Budaya Yogyakarta

- 27 Maret 2024, 23:55 WIB
Kampoeng Mataraman Desa Panggungharjo
Kampoeng Mataraman Desa Panggungharjo /Wiradesa)/Ono

SABACIREBON - Panggungharjo, desa di DIY, terkenal sebagai desa mandiri dan budaya. Dari kuliner hingga pelestarian budaya, Panggungharjo memperlihatkan keunggulan.

Desa Panggungharjo di Yogyakarta, dikenal sebagai desa mandiri budaya dengan kegiatan kesenian, kuliner, dan pelestarian situs bersejarah.

Desa ini terletak di Kabupaten Bantul dan memiliki populasi sekitar 28 ribu jiwa pada tahun 2021, mayoritas bekerja di sektor swasta dan pertanian.

Baca Juga: Pemetaan Potensi Ekonomi Lokal, Langkah Penting dalam Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Panggungharjo memiliki berbagai potensi, termasuk kuliner khas seperti mangut lele dan nasi tumpang, serta kerajinan seperti batik dan wayang.

Pemerintah DIY menetapkan Panggungharjo sebagai Desa Mandiri Budaya, mengakui upaya desa dalam menghidupkan nilai-nilai keistimewaan daerah.

Pelestarian budaya dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti Jagongan Selapanan, diskusi budaya, pertunjukan kesenian, dan pameran kerajinan lokal.

Baca Juga: Jasa Marga Sebut Puncak Arus Mudik Diperkirakan Tanggal 6 April 2024

Desa Panggungharjo menghadapi beberapa permasalahan seperti pengelolaan sampah dan kesejahteraan masyarakat, yang diatasi melalui inovasi seperti KUPAS dan Bapel JPS.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.travel


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah