Presiden Jokowi Ambil Langkah Tegas, Perintahkan Jajarannya Menindak Pelanggar Protokol Kesehatan

- 16 November 2020, 20:35 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) /ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/



PR CIREBON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Ketua Satgas Covid-19 untuk menindak tegas pelanggar protokol kesehatan.

Menurut Presiden Jokowi, penegakan disiplin protokol kesehatan harus tegas agar tidak ada pelanggaran yang dilakukan berulang-ulang.

"Keselamatan rakyat di tengah pandemi merupakan hukum tertinggi. Karena itu, penegakan disiplin protokol kesehatan harus tegas, termasuk pembubaran kerumunan," cuit Presiden Jokowi dalam akun resmi Twitter @jokowi, Senin 16 November 2020.

Baca Juga: Temukan Akun Lain di Ponsel Penyebar Video Gisel, Polisi: Kita Kejar Penyebar Masifnya

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk menegur kepala daerah, baik gubernur hingga wali kota.

"Kepada Menteri Dalam Negeri saya minta mengingatkan, kalau perlu menegur, kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota agar memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun," tulisnya

Presiden Jokowi juga meminta agar semua pihak tidak sekedar mengimbauan, tapi juga melakukan pengawasan dan penegakan aturan di lapangan.

Baca Juga: 2021 Premium Akan Dihapus, Wakil Ketua MPR RI Mendukung, Namun Harus Ada Alternatif Lain

"Kepercayaan masyarakat terhadap upaya pemerintah amat diperlukan agar langkah-langkah pengendalian pandemi yang dijalankan pemerintah dapat benar-benar berjalan dengan efektif," tulis Presiden Jokowi.

Jangan sampai, kata Presiden Jokowi, perjuangan dan pengorbanan para dokter, perawat, tenaga medis, paramedis dalam menangani dan merawat pasien Covid-19 menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, pemerintah melalui semua pihak harus bertindak tegas untuk kegiatan yang bertentangan dengan protokol kesehatan dan peraturan-peraturan yang ada.

Baca Juga: Investasi di Jawa Barat Meningkat Enam Kali Lipat, Berikut 16 Proyek Investasinya

"Ketegasan aparat mendisiplinkan masyarakat untuk patuh kepada protokol kesehatan adalah suatu keharusan. Angka kasus aktif dan kesembuhan Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan, jangan sampai rusak karena tidak berani mengambil tindakan hukum yang tegas di lapangan," cuit Presiden Jokowi.***

 

Editor: Egi Septiadi

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah