Hoaks Orang Keturunan China Punya 3 KTP dan 3 NPWP untuk Pemilu 2024

- 9 Februari 2024, 13:34 WIB
HOAKS 1 ORANG KETURUNAN CHINA PUNYA 3 KTP DAN 3 NPWP UNTUK PERSIAPAN PEMILU 2024
HOAKS 1 ORANG KETURUNAN CHINA PUNYA 3 KTP DAN 3 NPWP UNTUK PERSIAPAN PEMILU 2024 /saberhoaks/Tommy Sutami

 

SABACIREBON - Beredar kabar di media sosial tentang seorang individu keturunan China yang memiliki tiga Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tiga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai persiapan Pemilu 2024.

Diklaim sebagai bukti kecurangan, gambar tersebut menunjukkan identitas yang sama namun dengan data yang berbeda, termasuk nama dan alamat.

Namun, melalui penelusuran fakta, informasi tersebut terbukti hoaks. Cek fakta mengungkap bahwa gambar tersebut sebenarnya sudah beredar sejak tahun 2017.

Baca Juga: Liburan Isra Miraj Naik KA, Seru Para Bocil Hapal Surat Al Quran Dapat Ini Dari Daop 3 Cirebon

Unsur KTP dan NPWP ganda ini pernah diunggah oleh akun Twitter Andi Arief pada Februari 2017. Saat itu, puluhan KTP dan NPWP diduga dikirimkan dari Kamboja, terkait rencana kejahatan siber, perbankan, atau pencucian uang.

Hasil klarifikasi menunjukkan bahwa gambar KTP dan NPWP ganda tidak berhubungan dengan persiapan kecurangan Pemilu 2024.

Sebaliknya, gambar tersebut terkait kejahatan siber, perbankan, dan pencucian uang. Informasi ini dikategorikan sebagai konten menyesatkan dan bukan bagian dari persiapan politik.

Baca Juga: Abrasi Ancam Pesisir Pantai Cirebon, Pertamina EP 7 Bersama Warga Lakukan Ini

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x