Bukan Hanya Rasisme Kulit Hitam, AS Juga Sebarkan Rasisme Anti Asia di tengah Pandemi Covid-19

- 3 Juni 2020, 14:30 WIB
ILUSTRASI rasisme.*

PR CIREBON - Gelombang Covid-19 yang melanda Benua Amerika telah membawa kisah rasisme kembali. Tidak hanya menimpa kelompok kulit hitam, tetapi juga warga Asia yang menetap di AS.

Diketahui bersama, rasisme sudah melekat dalam diri negeri adidaya, Amerika Serikat sejak dulu. Namun kali ini, faktor pemicu yang menghadirkan rasisme lagi adalah karena situasi pandemi yang kian meluas di AS.

Lebih detail, ujaran kebencian itu justru dilontarkan pertama kali oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Saat itu, Trump dengan pongah menuduh asal pandemi Covid-19 dari Tiongkok yang merupakan kawasan Benua Asia.

Baca Juga: Demonstrasi Kian Memanas, Donald Trump Pilih Siapkan Pasukan Militer untuk Pukul Mundur Demonstran

Telak saja, penduduk Asia kini menjadi bulan-bulanan warga AS karena dianggap pembawa Covid-19.

Melansir BBC News, seorang pria bermarga Tiongkok semula menjalani hidup normal di AS. Namun, kehidupan Tracy Wen Liu seketika berubah saat Covid-19 muncul yang membuat darah Asianya menjadi kelompok tertuduh.

Hal lain mengenai perlakuan brutal rasisme makin terlihat di New York, California dan Texas. Pasalnya, orang-orang Asia Timur yang menempat kawasan itu dengan mudah diludahi, ditinju atau ditendang hingga ditusuk.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Bagi Seseorang yang Gemar Berolahraga Menggunakan Masker

Perlahan, gelombang rasisme itu membuat prasangka Anti-Asia makin meningkat dan membuat warga Asia yang hidup di AS menjadi sangat tidak nyaman. Terlebih, perlakuan buruk seperti, kekerasan, perundungan, dan pelecehan seolah telah menjadi makanan sehari-hari bagi mereka.

"Tujuan saya ketika pertama kali datang ke sini lima tahun yang lalu adalah menyesuaikan diri dengan budaya Amerika secepat mungkin," ujar Liu.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: BBC


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X