Diduga Sembunyikan Data Virus Corona, Dubes AS: Tiongkok Bahayakan Dunia

- 27 Maret 2020, 06:25 WIB
BENDERA Tiongkok dan Amerika Serikat.* //Sipaphoto

PIKIRAN RAKYAT - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk London melayangkan kritikan terbaru untuk Tiongkok karena diduga telah menekan data tentang penyebaran pandemi.

Woody Johnson menyebut Tiongkok telah membahayakan dunia dengan menyembunyikan informasi soal wabah virus corona dan membiarkan virus menyebar jauh keluar perbatasan negara komunis tersebut.

"Mulanya mereka berusaha membungkam kabar tersebut," tulis Duta Besar Woody Johnson di artikel surat kabar The Times, yang diterbikan pada Kamis 26 Maret 2020.

Baca Juga: Lewat Carikan Surat, PM dan Presiden Singapura Sampaikan Duka Cita untuk Presiden Jokowi

Ditambahkan Johnson, Tiongkok sekarang tampaknya telah menghentikan penyebaran virus corona berkat pembatasan keras pada daerah yang terkena dampak.

"Seandainya saja negara itu (Tiongkok, red) melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat, lebih banyak penduduknya, dan seluruh dunia, mungkin terhindar dari dampak paling serius penyakit ini," tulisnya diberitakan News Week.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah berada di garis depan dari mereka yang mengkritik Tiongkok.

Baca Juga: Antisipasi Membeludaknya Kasus Virus Corona, Pemkab Cirebon Siagakan Stadion

Senada dengan Johnson, Trump mengatakan Tiongkok seharusnya bertindak lebih cepat untuk memperingatkan dunia setelah wabah penyakit muncul di negara tersebut.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: worldometers, News Week


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X