Cek Fakta: Beredar Video Saddam Hussein Sebut AS Ancam Irak dengan Covid-19 sebagai Senjata Biologis

- 26 Maret 2020, 11:01 WIB
HOAKS Saddam Hussein klaim virus corona merupakan senjata biologis Amerika Serikat yang dicuri oleh Tiongkok dan terbuka di Laboratorium Wuhan.* //Turn Back Hoax

PIKIRAN RAKYAT - Pemimpin diktraktor terkemuka di dunia, Sadam Hussein menjadi kepala negara Irak selama 24 tahun, dari tahun 1979 hingga tahun 2003.

Ia mulai berkuasa setelah mengambil alih kursi presiden dari Ahmed Hassan Al-Bakr yang mengundurkan diri. Selama kepemimpinanya, negara Irak maju secara militer hingga menjadi ancaman bagi negara lain.

Namun, kondisi rakyat bak dalam kurungan penjara. Hubungan Irak dan Amerika Serikat, sering dikait-kaitkan dengan isu perpecahan dan konflik yang berkepanjangan.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Video Sebut Seluruh Warga Ethiopia Positif Corona Usai Pulang dari Italia

Berkenaan dengan hal itu, beredar sebuah video dari mantan pemimpin Irak, Saddam Hussein mengatakan kepada kabinetnya disebuah pertemuan pada tahun 1990 bahwa Amerika mengancam Irak dengan virus corona.

Unggahan video tersebut menyebutan virus corona adalah senjata biologis Amerika yang dicuri oleh Tiongkok dan bocor di laboratorium Wuhan.

Video yang diunggah akun Facebook Nanang Batam pada 23 Maret 2020 pukul 10:48 waktu setempat, memperlihatkan kegiatan rapat yang dipimpin langsung oleh Saddam Hussein yang diduga membicarakan terkait virus corona, disertai narasi yang mengikutinya.

Baca Juga: Minim Alat Pelindung Diri, Tiga Perawat Gunakan Kantong Plastik Sampah untuk Tangani Pasien Corona

"Dengarkan Saddam Hussein dalam pertemuan tahun 1990 dengan kabinetnya, memberi tahu mereka bagaimana Amerika mengancam Irak dengan Virus Corona.

"Ini membuktikan di luar bayangan keraguan bahwa Covid-19 adalah senjata biologis AS yang di curi cina yang dan bocor di laboratorium Wuhan Cina," dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari tangkapan layar akun Nanang Batam.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Twitter, Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X