Usai Pasukan Israel Lukai Ratusan Orang Palestina dalam Serangan Al-Aqsa, Sejumlah Negara Langsung Bereaksi

- 11 Mei 2021, 15:45 WIB
Bentrokan di Yerusalem antara Pemuda Palestina dengan Polisi Israel Kembali Memanas pada Senin, 10 Mei 2021, sejumlah negara turut bereaksi.
Bentrokan di Yerusalem antara Pemuda Palestina dengan Polisi Israel Kembali Memanas pada Senin, 10 Mei 2021, sejumlah negara turut bereaksi. /Nidal Al-mughrabi/Jeffrey Heller/REUTERS

 

PR CIREBON- Setelah kerusuhan selama berhari-hari di Yerusalem, di mana ratusan orang Palestina terluka dan puluhan ditangkap pada hari Senin setelah pasukan Israel menggerebek kompleks Masjid Al-Aqsa, kini reaksi atas insiden itu terus mengalir dari seluruh dunia.

Warga Palestina selama beberapa minggu terakhir melakukan serangkaian aksi duduk di daerah dan bagian dari Yerusalem Timur yang diduduki, untuk mengecam upaya Israel untuk secara paksa mengusir penduduk di lingkungan Sheikh Jarrah untuk memberi jalan bagi pemukiman Yahudi.

Menanggapi tindakan keras tersebut, Hamas, kelompok yang mengontrol Jalur Gaza, mengeluarkan ultimatum kepada Israel, mengatakan pihaknya memiliki waktu hingga 18:00 waktu setempat untuk menarik pasukannya dari Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga Islam yang juga merupakan tempat yang dihormati oleh orang Yahudi.

Baca Juga: PBB: Israel Tidak Dapat Memaksakan Hukumnya Sendiri untuk Usir Warga Palestina

Dikutip Cirebon.Pikiran-Rakyat.com dari Aljazeera, tak lama setelah tenggat waktu berakhir, Hamas menembakkan beberapa roket ke Israel.

Israel menanggapi dengan meluncurkan serangan udara di wilayah yang terkepung, hingga menewaskan 20 orang, menurut kementerian kesehatan di Gaza. Sementara itu, atas serangan tersebut, sejumlah negara di dunia pun turut memberikan reaksi.

Berikut adalah bagaimana negara dan komunitas internasional sejauh ini bereaksi terhadap peristiwa tersebut:

Baca Juga: Bupati Nganjuk Terciduk OTT KPK, Ini Jumlah Harta Kekayaan Novi Rahman Hidayat

Turki

Halaman:

Editor: Arman Muharam

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X