Menjijikan! Tiongkok Berlakukan Tes Covid-19 Melalui Anus untuk Para Pengunjung dari Luar Negeri

- 5 Maret 2021, 05:40 WIB
Ilustrasi Covid-19. Negara Tiongkok melakukan tes Covid-19 melalui anus kepada pengunjung dari luar negeri.* /Pixabay/geralt

PR CIREBON - Tiongkok telah mewajibkan tes Covid-19 melalui anus bagi pengunjung internasional yang ingin datang ke negara itu.

Dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari The Sun, Beijing mengklaim prosedur tes Covid-19 melalui anus lebih akurat daripada tes virus lainnya.

Dokter di Tiongkok telah menggunakan tes anus pada pasien yang dikarantina untuk memeriksa apakah mereka bebas dari Covid-19 atau belum.

Baca Juga: Kebut Persiapan Pernikahan Pasca Aurel Hermansyah Sembuh dari Covid-19, Atta Halilintar: Ada yang Bantuin...

Li Tongzeng selaku seorang petugas medis penyakit pernapasan mengatakan kepada media pemerintah, tanda infeksi Covid-19 dapat dideteksi lebih akurat dalam sampel kotoran daripada di hidung atau tenggorokan.

Namun, tes Covid-19 melalui anus itu memicu kontroversi. Pasalnya, hal itu dinilai sangatlah menjijikkan.

Jepang menyerukan Tiongkok untuk berhenti menggunakan tes seperti itu setelah ada warga negaranya mengatakan bahwa dia tertekan secara psikologis.

Baca Juga: Banyak Diminati, Ganjar Pranowo Minta Produksi Alat Deteksi Covid-19 GeNose Ditingkatkan

Pekan lalu, Tiongkok diduga memerintahkan diplomat Amerika Serikat untuk menjalani tes anus yang memicu perselisihan dengan Departemen Luar Negeri antara kedua negara tersebut.

Halaman:

Editor: Asri Sulistyowati

Sumber: The Sun


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X