Pembahasan Penambahan Saham Freeport Disambut Baik Presiden Jokowi

- 15 November 2023, 17:52 WIB
Presiden Joko Widodo menerima Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023.
Presiden Joko Widodo menerima Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023. /BPMI Setpres/Laily Rachev

SABACIREBON - Perpanjangan izin tambang hingga perluasan kepemilikan saham Freeport di Indonesia telah dibnahas antara Presiden Joko Widodo dengan Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson.

Pada kesempatan pertemuan di Hotel Waldorf Astoria, Senin, 13 November 2023 saat kunjungan Presiden Joko Widodo di AS, Joko Widodo menyambut baik pembahasan kedua hal tadi.

Presiden Jokowi menyatakan kegembiraannya dengan kemajuan pembahasan penambahan 10 persen saham Freeport dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun yang telah mencapai tahap akhir. Diharapkan kesepakatan ini dapat diselesaikan pada akhir November.

Baca Juga: 10 Finalis Bersaing Ketat di Babak Final Bintang Radio RRI Cirebon 2023

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Erick Thohir yang hadir mendampingi Jokowi pada pertemuan itu menilai hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat terus meningkat, terutama di bidang perdagangan.

Surplus perdagangan mencapai USD16 miliar, dan investasi Amerika di Indonesia mencapai peringkat empat.

Erick menyatakan Presiden Jokowi terus mendorong investasi Amerika Serikat, termasuk dari Freeport McMoRan. Freeport McMoRan, yang sebagian dimiliki oleh BUMN, sedang dibahas penambahan sahamnya.

Baca Juga: Kabar Gembira ! Striker Timnas U-17 Arkhan Kaka Dilirik Klub Luar Negeri

“Kalau kita lihat apalagi surplus perdagangan kita dengan Amerika sudah mencapai hampir USD16 miliar, dan pertumbuhannya beberapa tahun terakhir cepat. Investasi Amerika di Indonesia itu sudah nomor empat sekarang, yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ucap Erick.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x