Cek Fakta: Beredar Foto Basuki Tjahaja Purnama Diapit Mesra Dua Perempuan, Ini Faktanya

- 23 Mei 2020, 09:18 WIB
Beredar foto yang memperlihatkan sosok yang diklaim adalah Basuki Tjahaja Purnama sedang diapit mesra oleh dua orang perempuan. Hoax Crisis Center Jabar

PIKIRAN RAKYAT - Seorang pengguna Facebook Shinta Arum mengunggah foto Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang pernah dikenal sebagai Gubernur DKI Jakarta 2014 – 2017 dengan klaim narasi bernada melecehkan. Pasalnya, BTP diklaim sebagai sosok yang gemar mabok dan seks bebas.

Secara detail, BTP yang kini sudah menjadi Komisaris Utama Pertamina terlihat dalam foto tengah diapit dua perempuan di sisi kanan dan kirinya. Bahkan, narasi yang disematkan dalam unggahan itu menuduh sosok BTP sebagai pribadi buruk karena suka mabok dan seks bebas.

“Mabok sex babes,” demikian bunyi narasi yang diunggah pada Senin, 18 Mei 2020

Baca Juga: Nazar Terwujud, Warga Cirebon Gratiskan Dua Angkotnya Tiap Jumat

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari Instagram Hoax Crisis Center Jabar, terdapat fakta yang berbeda dengan klaim narasi yang disertakan dalam unggahan foto tersebut.

Secara pasti, unggahan foto dan narasi dari pengguna Facebook Shinta Arum adalah salah atau keliru.

Pasalnya, diketahui foto tersebut adalah foto Onesmo Machibya yang mengaku dirinya sebagai Nabi dan dipanggil sebagai Nabi Tito.

Baca Juga: NASA Klaim Bukti Adanya Dunia Paralel di Mana Waktu Berjalan Mundur, Begini Tanggapan Para Imuwan

Lebih detail, Nabi Tito menyatakan bahwa Kitab Injil memperbolehkan alkohol dan berzina. Terlebih, ia pun muncul dalam video yang memperlihatkan dirinya berdansa sambil memegang botol-botol bir dan juga mencium istri serta pembantu rumah tangganya.

Namun tak lama dari aksi kontroversialnya, Nabi palsu yang bernama Tito ini pun ditangkap oleh pihak kepolisian Dodoma, Tanzania.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X