Waspadai Cuaca Ekstrem: BMKG Berikan Peringatan Dini untuk Sejumlah Provinsi di Indonesia

- 16 Februari 2024, 09:27 WIB
ILUSTRASI HUJAN LABAT: BMKG merilis peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang dapat melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat 16 Februari 2024.
ILUSTRASI HUJAN LABAT: BMKG merilis peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang dapat melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat 16 Februari 2024. /BPBD/

SABACIREBON - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang dapat melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat 16 Februari 2024.

Menurut laman resmi BMKG di Jakarta, hujan sedang-lebat disertai kilat dan angin kencang menjadi ancaman utama di berbagai wilayah, termasuk Aceh, Bali, Banten, dan provinsi lainnya.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi cuaca ekstrem serta bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

Baca Juga: Ada Hubungannya dengan Pemilu, Khatib Jumat Diminta Kemenag Suarakan Pesan Persaudaraan

Puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari membawa potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi.

Provinsi-provinsi yang termasuk dalam peringatan dini melibatkan wilayah yang rawan terkena dampak cuaca buruk, termasuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan lainnya.

Dwikorita menekankan pentingnya kewaspadaan, terutama di daerah dataran tinggi yang rentan terhadap longsor dan banjir.

Baca Juga: Petugas Pemilu 2024 Perlu Tahu, Kapan Honor Petugas Cair?

"Saat cuaca ekstrem, kita harus meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang," ujar Dwikorita.

Halaman:

Editor: Fabian DZ

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah