Pertamina dan Garuda Ukir Sejarah Melayang dengan Bioavtur

- 14 November 2023, 14:01 WIB
Pertamina dan Garuda siapkan Bioavtur sebagai baham bakar ramah lingkungan sekaligus untuk dikonsumsi pesawat terbang./Indonesia.go.id
Pertamina dan Garuda siapkan Bioavtur sebagai baham bakar ramah lingkungan sekaligus untuk dikonsumsi pesawat terbang./Indonesia.go.id /

SABACIREBON – Pertamina dan Garuda Indonesia berhasil melaksanakan penerbangan komersial perdana berbahan bakar ramah lingkungan, Pertamina Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau Bioavtur. Penerbangan itu akan menjadi tonggak sejarah di industri aviasi yang berkelanjutan.

Pemerintah konsisten melakukan terobosan dalam kaitan penggunaan energy Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan menggunakan bahan  minyak kelapa sawit. Bahkan ini sudah dilakukan untuk bahan bakar pesawat terbang.

Indonesia terus melakukan upaya mengembangkan sumber energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan rendah emisi karbon. Salah satu bentuk energi terbarukan yang tengah dikembangkan adalah bahan bakar nabati (BBN).

Baca Juga: Mendikbudristek Nadiem tentang Media Online, Mereka Anggap... Seolah Saya Mengerti..

BBN adalah energi yang terdiri atas bahan bakar minyak, seperti biodisel atau bioetanol yang dicampur dengan minyak nabati murni. BBN diklaim menjadi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada BBM fosil.

Oleh karena itu, mulai Januari 2022, pemerintah menerapkan program B30 yang melalui  program itu, diwajibkan  pencampuran 30 persen biodiesel dan 70 persen bahan bakar jenis solar sehingga menghasilkan produk yang dkenal dengan nama biosolar B30.

Ketentuan kewajiban B30 untuk biosolar tercantum dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 12 tahun 2015 yang mengubah Peraturan Menteri ESDM nomor 32 tahun 2008 tentang Penyediaan Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai bahan bakar lain.

Baca Juga: Terharu ! Garuda Muda Mampu Menahan Ekuador dan Panama

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah