Kenaikan THR akan Berdampak ke Stimulus Ekonom

- 17 April 2022, 13:58 WIB
THR 2022 akan memberikan dampak stimulasi ekonomi./pikiran-rakyat.com
THR 2022 akan memberikan dampak stimulasi ekonomi./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON - Stimulus ekonomi yang bakal terjadi lewat penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) 2022 bagi PNS, ASN, TNI dan Polri ditunggu pelaku eknomi.

Stimulus yang dikucurkan lewat THR sebesar Rp 34,3 triliun dinilai dapat menambah aktivasi roda ekonomi karena jumlahnya tidak bisa dianggap kecil. Pemerintah sudah menetapkan anggaran THR tahun ini naik menjadi Rp 34,3 triliun.

Setelah pencairan THR yang mulai dilaksanakan Senin 18/4 besok, akan terjadi geliat pasar. Uang-uang itu diharapkan  mengalir kepada berbagai kegiatan ekonomi. Diharapkan aktivitas pasar-pasar tradisional, penyedia kebutuhan pokok, sandang dan makan/minuman termasuk resto serta pusat belanja, tempat rekreasi akan meningkat dalam beberapa hari kedepan.

Baca Juga: Ada yang Shalat Secara Cepet Ada Pula yang Lambat. Mana yang Benar dan Bagus? Ini kata Abuya Arrazy

Libur panjang atau cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah selama 10 hari guna menyambut lebaran Idul Fitri 1443 H ini juga memberikan meluas bagi gerak perekonomian.

Tahun lalu liburan bersama hanya 8 hari. Periode konsumsi pada waktu waktu strategis, yang dimulai dari momentum puasa, lebaran dan libur panjang tentu akan mendorong permintaan. Namun tidak bisa dielakkan, kemungkinan geliat harga akibat adanya tambahan permintaan. Bisa jadi harga harga pokok akan meningkat  dalam waktu dekat ini karena produsen melihat adanya akumulasi uang ditangan masyarakat.

Lebih besar

THR tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Menurut Menkeu Sri Mulyani tergolong jumbo. Pemerintah telah melakukan berbagai skema  penyesuaian dengan menambah 50% tunjangan kinerja per bulan.

Baca Juga: Direktur KKSK Isom Yusqi: BOS MTs Tahap II Cair 18 April dan MA 19 April

Halaman:

Editor: Aria Zetra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah