Antisipasi Kenaikan Harga Pangan di Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

- 13 Maret 2024, 18:06 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /bing/ai

SABACIREBON - Kenaikan harga pangan, terutama menjelang Ramadan dan Idulfitri, menjadi perhatian serius pemerintah. Untuk menjaga harga stabil, Kementerian Perdagangan meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Karim, menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan ketersediaan pangan di pasar tradisional dan modern serta melalui GPM.

Ketersediaan bahan pokok, khususnya beras, mendapat dukungan penuh dengan cadangan lebih dari 1,2 juta ton beras nasional, termasuk cadangan komersial menjadi 1,4 juta ton.

Baca Juga: Menjaga Pasokan Beras Aman: Strategi dan Perhatian Khusus Pemerintah di Tahun 2024

Kenaikan harga beras menjelang puasa 2024 dipengaruhi oleh ketidakseimbangan supply dan demand, akibat dampak buruk badai El Nino yang mengganggu produksi petani.

Pemerintah telah mengambil langkah impor beras sejak tahun 2023 dan memberikan bantuan pangan kepada 22 juta KPM, yang terbukti efektif dalam menahan laju inflasi.

Selain itu, pemerintah memilih untuk tidak merelaksasi harga eceran tertinggi (HET), tetapi membanjiri pasar dengan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) untuk mengendalikan harga.

Baca Juga: Strategi Efektif Penanggulangan Tuberkulosis (TB) di Indonesia

Strategi jangka panjang termasuk penambahan cadangan air melalui waduk dan embung serta diversifikasi varietas beras yang lebih sehat untuk menjaga kedaulatan pangan.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x