6 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan saat Berpuasa untuk Penderita Maag

- 11 Maret 2024, 21:42 WIB
Ilustrasi Jaga Kesehatan Ketika Berbuka Puasa
Ilustrasi Jaga Kesehatan Ketika Berbuka Puasa /Bing/Ai

SABACIREBON - Puasa Ramadan adalah waktu yang istimewa bagi umat Muslim.  Namun bagi penderita maag, menjaga kesehatan pencernaan selama puasa bisa menjadi tantangan.

Berikut beberapa tips untuk menjalani puasa dengan nyaman:

1. Pilih Makanan Ringan dan Sehat: Saat berbuka dan sahur, pilihlah makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak. Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam yang dapat memicu gejala maag.

2. Hindari Minuman Berkafein dan Bersoda: Minuman seperti kopi, teh, dan minuman bersoda dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala maag. Sebaiknya pilih air putih atau jus buah segar sebagai minuman utama.

Baca Juga: Arab Saudi Mulai Melaksanakan Puasa Pada Hari Senin

3. Atur Waktu Makan dengan Bijak: Bagi penderita maag, penting untuk membagi waktu makan menjadi beberapa kali kecil selama berbuka dan sahur, daripada dua kali besar. Ini dapat membantu mengurangi beban pada lambung dan mengurangi risiko gejala maag.

4. Hindari Makanan atau Minuman yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin: Suhu ekstrem dapat merangsang lambung dan memicu gejala maag. Pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

5. Jaga Kehidupan Sehat: Selain menjaga pola makan yang sehat, penting juga untuk tetap menjaga gaya hidup sehat selama bulan Ramadan. Ini termasuk tidur yang cukup, olahraga ringan, dan mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: Scottie Scheffler (AS) Juara Turnamen Golf Arnold Palmer 2024 Berhadiah $20 Juta atau Rp300 milyar

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah