Berikut Ini 7 Tanda Kelenjar Tiroid yang Harus Anda Ketahui

- 11 Januari 2024, 20:05 WIB
Ilustrasi kelenjar tiroid. Berikut Twibbon Hari Tiroid Sedunia 25 Mei 2023.
Ilustrasi kelenjar tiroid. Berikut Twibbon Hari Tiroid Sedunia 25 Mei 2023. /freepik/

SABACIREBON- Tubuh manusia bekerja layaknya mesin. Saat satu organ tak berfungsi maka seluruh bagian akan mulai bermasalah.

Contohnya adalah kelenjar tiroid, kelenjar kecil yang ada di leher yang mengatur metabolisme dan fungsi tubuh seperti bernafas, suhu badan, siklus menstruasi dan lain-lain.

Seringnya, manusia tak sadar ketika kelenjar ini bekerja, namun saat kelenjar tiroid mulai bermasalah, misalnya tak merilis cukup hormon tiroid (hipotiroidsme) atau bahkan merilis hormon tersebut secara berlebihan (hipertiroidisme) maka baru akan terasa karena mempengaruhi kerja mata, kulit, tangan, apa saja.

Baca Juga: Cara Mudah Mengenali Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening, Penurunan Berat Badan Menjadi Salah Satunya!

Hal itu disebabkan simptom penyakit kelenjar tiroid bisa menyerupai ratusan penyakit lain.

Menurut American Thyroid Association penyakit kelenjar tiroid umum diderita wanita, satu dari delapan wanita mengalami penyakit ini.

“Simptom bervariasi pada setiap orang dan bisa muncul secara perlahan-lahan sehingga tak terdeteksi atau mendadak kata ahli endokrinologi Valentina Rodriguez, Women’s Health.

Baca Juga: 6 Manfaat Rumput Laut Wakame untuk Kesehatan, Salah Satunya Mendukung Fungsi Tiroid

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu waspada dan segera bertindak jika merasakan salah satu simptom seperti di bawah ini:

Halaman:

Editor: Nurhidayat

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah