Ikan Berlimpah di Pesisir Utara Jawa, Berkah Bagi Ekonomi Nelayan Tuban Jawa Timur

- 22 November 2023, 21:13 WIB
ejumlah nelayan memindahkan ikan dari kapal menuju tempat pelelangan ikan di Palang, Tuban, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023).
ejumlah nelayan memindahkan ikan dari kapal menuju tempat pelelangan ikan di Palang, Tuban, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023). /ANTARA FOTO/Muhammad Mada

SABACIREBON - Cuaca cerah di pesisir utara Jawa menjadi berkah bagi nelayan Tuban, Jawa Timur. Hasil melimpah akibat kondisi cuaca baik, menandai peningkatan hasil tangkapan nelayan.

Peningkatan ini tidak hanya berdampak pada kuantitas tetapi juga mengubah dinamika harga ikan. Harga ikan di pasaran turun drastis, mencapai 50 persen dari sekitar Rp20 ribu per kg menjadi Rp10 ribu per kg.

Para nelayan di daerah tersebut merasa bersyukur dengan melimpahnya hasil tangkapan. Mereka melaporkan peningkatan jumlah ikan yang signifikan, terutama di sepanjang pesisir utara Jawa.

Baca Juga: Forkominda Kota Cimahi Tinjau Gudang Logistik KPU di Leuwigajah

Selain berlimpah, jenis ikan yang didapat juga bervariasi, memberikan keberagaman pada pasokan ikan lokal.

Dampak ekonomi dari keadaan ini pun terlihat jelas. Harga ikan yang lebih terjangkau membawa manfaat bagi konsumen. 

Sementara nelayan, meskipun menghadapi persaingan lebih ketat, tetap mendapatkan pendapatan yang layak. Fenomena ini menciptakan lingkaran ekonomi positif di komunitas nelayan setempat.

Baca Juga: Dr. Victor Chang, Ahli Transplantasi Jantung yang Dikenang di Google Doodle

Peningkatan hasil tangkapan ini juga memicu aktivitas ekonomi di sektor terkait. Pedagang ikan lokal mengalami peningkatan omset, sementara pasar ikan tradisional di Tuban menjadi ramai dikunjungi pembeli yang mencari ikan segar dengan harga terjangkau.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah