Benarkah Es Batu Dapat Mengecilkan Pori Pori? Begini Penjelasan Dokter

- 18 Oktober 2020, 12:55 WIB
Ilustrasi es batu: Pori-pori dapat dikecilkan dengan menggunakan es batu yang diaplikasikan terhadap kulit, namun hanya bersifat sementara. /

PR CIREBON - Pori-pori kulit yang besar terutama muka menjadi masalah tak hanya untuk perempuan tapi juga laki-laki, sehingga berbagai cara dilakukan untuk membuatnya terlihat lebih kecil, yang salah satunya dengan memakai es batu.

Selama ini, es batu dipercaya dapat membantu mengecilkan pori pori kulit dengan cepat dan mudah. Namun ternyata, hal tersebut hanya bersifat sementara dan akan kembali membesar jika efek dinginnya sudah menghilang.

dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK mengatakan air hangat dan es batu membantu dalam melebarkan dan mengecilkan pori hanya untuk sesaat saja. Pada dasarnya, saat kulit terkena sesuatu yang dingin akan menggelembung dan merapat.

Baca Juga: Kementerian PPPA Sebut Anak Perempuan Lebih Rentan Mengalami Depresi Selama Masa Pandemi Covid-19

"Es batu kalau digunakan saat itu juga tentu akan mengkerut dan kalau dipegang kayak tebal. Saat itu memang mengecil tapi efek jangka panjang tidak ada," kata dr. Dewi, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara pada Jumat, 16 Oktober 2020.

"Air hangat itu untuk melebarkan, sedangkan air dingin itu mengkerut sehingga kalau orang facial beberapa di uap panas, jadi pori-pori lebih membuka dan kalau dikasih es bisa menutup,"ucap dr. Dewi.

dr. Dewi mengatakan tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari es batu untuk membantu mengecilkan pori. Yang harus dilakukan adalah dengan melakukan berbagai perawatan dan secara terus-menerus.

Baca Juga: Dampak Pandemi Covid-19, Anggota DPR RI Minta Penyaluran BLT Program Dana Desa Tepat Sasaran

"Tidak ada benefit secara langsung. Ada benarnya, tapi mengenai manfaat tidak tepat," ujar dr. Dewi.

Halaman:

Editor: Irma Nurfajri Aunulloh

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X