Dosen Widyatama Berikan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana

- 19 Februari 2024, 12:19 WIB
/

SABACIREBON -- Perguruan tinggi dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di samping melaksanakan pendidikan yang tertuang pada UU Nomor 20 Tahun 2003  dan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi.

Undang-undang tersebut menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa.

Berdasarkan kedua UU tersebut maka tujuan pengabdian kepada masyarakat dengan  sebutan tinggi adalah:
1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
2. Mengembangkan model pemberdayaaan masyarakat;
3. Meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat;

Baca Juga: Hadiah Skin Spesial Imlek! Kumpulan Kode Redeem ML Terbaru Hari Ini Senin 19 Februari 2024

4. Memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung;
5. Melakukan kegiatan yang mampu memberdayakan masyarakat pada semua strata, secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya; dan
6. Melakukan alih teknologi, ilmu, dan seni kepada masyarakat untuk mengembangkan martabat manusia berkeadilan gender dan inklusi sosial serta kelestarian sumber daya alam.

Berdasarkan landasan tersebut di atas dan banyaknya kegiatan masyarakat di sektor informal maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Modal Intelektual (LP2M) Universitas Widyatama, merasa terpanggil untuk melaksanakan pengabdian masyarakat pada Kelompok usaha ekonomi produksi “Ngudi Lestari” dalam bentuk memberikan “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana dan Penentuan Harga Pokok Produk (HPP).

Baca Juga: Liga Premier Inggris: Gol Cepat Rasmus Hojlund Bawa Manchester United Menang 2-1 Atas Luton Town

Pelatihan tersebut  diberikan kepada  Kelompok Usaha Ekonomi Produksi Ngudi Lestari Binaan Kantor Desa Kembang Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta”.

PKM berlangsung 3 November 2023 di Desa Kembang Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Acara tersebut dibuka oleh  HJ. Yati Mulyati S.E., M.AK., AK., C.A. sebagai perwakilan Dekan FEB Universitas Widyatama dan Edi Purwanto sebagai Lurah Desa Kembang.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah